Banner Bawah Utama

Kembangkan Pertanian Kopi, Pemkot Kotamobagu Rencana Gelar Riset Di Perkebunan Mobalang

Kembangkan Pertanian Kopi, Pemkot Kotamobagu Rencana Gelar Riset Di Perkebunan Mobalang

Kotamobagu,PilarSulut.Com – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu terus menseriusi pengembangan kopi, setelah adanya penetapa oleh Kementerian Pertanian, melalui Surat Keputusan (SK) tahun 2016 terkait dengan pengembangan tanama kopi.

Dalam waktu dekat Pemkot melalui Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pembangunan Daerah (Bapelitbangda) akan bekerja sama dengan Pusat Pengembangan Kopi dan Kakao (PUSLITKAKO) Jember dalam rangka penelitian kembali kultur tanah dan diperkebunan Mobalang, Desa Poyowa Besar, Kecamatan Kotamobagu Selatan.

“Kotamobagu sudah ditetap sebagai daerah Pengembangan kopi oleh Kementerian Pertanian sejak 2016, tepatnya ada di perkebunan Mobalang, Desa Poyowa Besar. Sejak 2017 sampai 2018 kami sudah menganggarkan baik pengembangan dan pembibitannya. Dalan waktu dekat ini juga ada Riset antara Bapelitbangda dengan Puslitkako,”Ungkap Sofyan Mokoginta, Kepala Bapelitbangda.

“Dalan riset nanti akan diperiksa keadaan tanah, untuk pengembangan kopi, selain itu juga ketinggi tanah, apakah paling cocok ditanami kopi jenis apa. Setelah itu sudah ada hasil riset, kita usulkan lagi jenis kopi apa yang akan dikembangkan,”Sambung Mokoginta.

Penulis : Abdi F Sutomo

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *