Banner Bawah Utama

Hingga Bulan ke 5, Dinas PMPTSP Bolmong Terbitkan 507 Ijin Usaha                          

Hingga Bulan ke 5, Dinas PMPTSP Bolmong Terbitkan 507 Ijin Usaha                           

Bolmong,PilarSulut.Com – Sektor usaha di Kabupaten Bolaang Mongondow dalam kurun waktu 5 bulan terakhir Nampak terlihat bergairah. Hal tersebut terlihat dari banyaknya jumlah yang mengurusi Ijin usaha dan perpanjangan, sesuai dengan  data yang berhasil didapatkan awak media dari Dinas Penanaman Modal, dan PTSP, Kabupaten Bolmong sebanyak 507 Usaha Kecil Menegah (UKM) yang mengurus atau memperpanjang.

“Ada beberapa jenis usaha sekala besar yang memperpanjangan izin, tapi rata rata di dominasi oleh usaha kecil. seperti kios, warung makan, tempat jual pulsa, dan ada juga tempat pengilingan padi,”Terang Iriyanto Husain.

Adapun waktu pengurusan ijin usaha, Husain mengungkapkan pihak mempunyai Standar Operasional Prosedur (SOP) “Kalau lengkap pengurusan ijin tidak sampai satu hari, sesuai SOP 1 jam. Itu kalau lengkap, dan saya sebagai Kepala Dinas ada di tempat. Tapi kalau untuk ijin yang ada hubungannya dengan Intansi lain pasti agak lama, karena harus rekomendasi dari Instansi terkait,”Ungkapnya sembari menambahkan sampai dengan bulan Mey ini di dominasi oleh perpanjangan ijin “Seperti SIUP itukan sudah 5 tahun, dan TDP 3 Tahun. sementara SITU setiap tahun diperpanjang,”Katanya.

Selain itu, Husain juga mengatakan bahawa pihaknya tahun ini mendapatkan jatah 500 Miliar dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI “Setaip tahunnya kita ada target dari BKPM RI terkait dengan jumlah investasi yang masuk ke Daerah. Jadi modal di atas 200 juta harus dilaporkan, inilah yang akan kami sampaikan ke BKPM, sehingga terpenuhi target 500 Miliar tersebut,”jelasnya.

Sekedar informasih, hingga tahun 2018 Dinas PMPTSP Kabupaten Bolaang Mongondow mengurusi 29 jenis ijin usaha dan 4 non ijin. 33 ijin usaha tersebut sebagaian diantaranya harus mendapatkan rekomendasi dari Instansi terkait.

 

Penulis : Abdi F Sutomo

 

No

Bulan SITU SIUP TDP

1

Januari 48 37

48

2

Februari 44 31

35

3

Maret 69 41

61

4

April 31 21

24

5 Mey 13 2

2

 

 

 

 

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *