Banner Bawah Utama

RPH Kotamobagu Tunggu Penyelesaian Pembuatan IPAL

RPH Kotamobagu Tunggu Penyelesaian Pembuatan IPAL

Kotamobagu,PilarSulut.Com Sejak dibangun tahun 2017, Rumah Potong Hewan (RPH) milik Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu yang terletak di Kelurahan Mongkonai Barat, Kecamatan Kotamobagu Barat belum beroperasi.

Hal ini dikarenakan, masih dibangunnya Instalasi Pengolahan Air Limba (IPAL). Menurut Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, sebagai salah satu syarat pengoperasian RPH harus ada IPAL.

“Diselesaikan dulu pembangunan IPAL baru RPH mini beroperasi. IPAL itu syarat supaya limbah dari pemotongan hewan bisa diolah,”Kata Manap Pudul.

Kedepannya Manap menjelaskan setiap sapi yang akan dijual dipasar, harus dipotong melalui RPH “Jadi, untuk sapi-sapi yang bakal dijual di pasar harus dipotong melalui RPH mini tersebut, untuk menjaga dan mengawasi daging sapi yang layak atau tidak untuk dijual,” jelasnya

Selain itu, pihaknya juga bakal menyediakan spesialis Dokter hewan dalam rangka pemeriksaan serta pengawasan pemotongan sapi tersebut.

“Nantinya ada dokter hewan yang memeriksa sapi tersebut sebelum dipotong. Nah, itu juga bagian dari persyaratan pembuatan RPH, harus ada dokter Hewan. Mudah-mudahan pada Juli mendatan ada dokter hewan yang kami kontrak,” ujar Pudul

Penulis : Abdi F Sutomo

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *