Banner Bawah Utama

Peran Walikota Kotamobagu Jadi Kunci Keberhasilan Diraihnya Penghargaan PPD Tingkat Provinsi

Peran Walikota Kotamobagu Jadi Kunci Keberhasilan Diraihnya Penghargaan PPD Tingkat Provinsi

Kotamobagu,PilarSulut.Com – Diraihnya peringkat satu se Sulawesi Utara (Sulut) oleh Kotamobagu dalam ajang penghargaan Perencanaan Pembangunan Daerah (PPD) ke dua kalinya ini, tentu saja tidak lepas dari peran dan suppot Walikota Kotamobagu Periode 2013 – 2018 sebagai dirijen terhadap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Posisi kepala Daerah dalam proses perencanaan pembangunan Daerah jadi kunci sukses dalam mengakomodir setiap usulan yang disampaikan masyarakat secara bottom up. Selain itu kemampuan kepala Daerah dalam mengakomodir dan menyesuaikan kebijakan serta program Pemerintah Provinsi dan Pusat sehingga terealisasi di Daerah jadi salah satu kunci keberhasilan pembangunan di Daerah ini.

Proses penilaian penghargaan Perencanaan Pembangunan Daerah (PPD) oleh Pemerintah Pusat melihat tahapan dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang disusun pada tahun 2017 dan mulai direalisasikan secara bertahap tahun 2018.

Menurut Kepala Bappeda, Sofyan Mokoginta penilaian PPD yang dilakukan setiap tahunnya ini melihat RKPD yang disusun pada tahun sebelumnya “Penilaianya dengan melihat RKPD tahun 2018. Melihat RPJMD yang memuat penjabaran Visi dan Misi Walikota dan Wakil Walikota, dan kemudian komitmen dari Walikota dalam pelaksanaan perencanaan betul betul mengacu pada tahapan tahapan yang sudah ada regulasi. Selain itu juga, perencanaan tersebut ada keterkaitan proritas pembangunan Provinsi dan Nasional. Nah ini semua berdasarkan pengawasan dari Walikota Kotamobagu, Ir Hj Tatong Bara pada tahun 2017,”Terang Sofyan.

Ditempat terpisah, Sekretaris Kota (Sekot) Adnan Massinae mengungkapkan rasa syukur atas penghargaan yang diterima “Ini merupakan sebuah kebanggaan dari prestasi yang sangat luar biasa bagi Kotamobagu di awal tahun 2018,”Kata Adnan.

Sekedar informasih, diraihnya peringkat satu dalam ajang penghargaan Perencanaan Pembangunan Daerah (PPD) oleh Kotamobagu menunjukan Kotamobagu sebagai satu satunya perwakilan dari Sulawesi Utara ke tingkat Nasional untuk bersaing bersama 16 Kota se Indonesia yang masuk pada tahap IV penilaian ajang nominasi PPD tahun 2018 oleh Kementerian Perencanaan, Pembangunan Nasional.

 

Penulis : Abdi F Sutomo

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *