Banner Bawah Utama

Miliki Luasan Ladang Yang Besar, Pemkot Kotamobagu Berencana Lirik Padi Ladang

Miliki Luasan Ladang Yang Besar, Pemkot Kotamobagu Berencana Lirik Padi Ladang

Kotamobagu,PilarSulut.Com – Pesatnya pembangunan diwilayah Kotamobagu rupanya berpengaruh pada luasan tanaman padi sawah, saat ini jumlah luasan sawah diwilayah Kotamobagu 1.700-an Hektar. Luas ini dalam beberapa kurun waktu mengalami penurunan, untuk mempenuhi kebutuhan beras bagi warga Kotamobagu, Pemerintah Kotamobagu melalui Dinas Pertanian mulai melirik potensi padi lading.

Menurut Kepala Dinas Pertanian, Muljadi Surotenojo potensi padi landing diwilayah Kotamobagu sangat memungkin, dengan melihat besaran lading yang saat ini belum tersentuh “Padi lading inikan bisa ditanam ditanah perkebunan yang disampingnya ada tanaman tahunan, seperti kelapa dan lain lain. Sehingga kebutuhan produksi beras kita tetap terjaga, bahkan bisa mensuplai ke Daerah lain,”Kata Mul sapaan akrbanya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan Holtikultura mengungkapkan pihaknya sudah menargetkan besaran lahan yang akan ditanami padi lading “Untuk saat ini kita targetkan 250 Hektar. Selain ituwarga juga bisa memanfaatkan pekaran rumah yang tidak digunakan untuk ditanami padi lading. Saat ini juga kita terus mematang persiapan penanaman padi lading dengan penyuluh dan coordinator,”Ungkap Ramjan Mokoginta.

Adapun jenis padi lading yang akan ditanam, Mokoginta menjelaskan pihaknya memilih jenis padi Gogo “Jenisnya padi Gogo, memang untuk padi landing ini membutuhkan waktu 6 bulan, dan itu pada umumnya semua padi lading. Tetapi dari rasa dan kualitas padi lading tidak kalah dengan padi sawah,”Jelasnya.

 

Penulis : Abdi F Sutomo

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *