Banner Bawah Utama

Miliki Lahan Pertanian, Kelompok Tani Muda Asal Mongkonai Kembangkan Tanaman Kakao Dan Cabai

Miliki Lahan Pertanian, Kelompok Tani Muda Asal Mongkonai Kembangkan Tanaman Kakao Dan Cabai

Kotamobagu,PilarSulut.Com – Ada yang menarik dari Kelompok Tani asal Kelurahan Mongkonai, Kecamatan Kotamobagu Barat ini, bila di wilayah lain kelompok taninya diisi para orang tua, hal ini berbeda dengan Kelompok Satu Hati Pemuda Tani (SHPT) yang beranggotakan para pemuda.

Kelompok SHPT ini konsen pada bidang pertanian komoditi Kakao dan Cabai, bahkan dari salah satu komoditi tersebut telah memberikan hasil yang cukup signifikan, hal ini seperti yang disampaikan Ketua Kelompok SHPT. Pihaknya melihat potensi lahan yang bisa dikelola dan memberikan hasil ekonomis.

“Pemanfaatan lahan dan pengembangan sector pertenian sedang kami garap. Ada dua hal yang jadi konsen kami yaitu tanaman Kakao, dan Cabai serta tanaman lainnya sebagai samping. Dan sebagaian lainnya sudah memberikan hasil yang baik,”Ucap Farid Potabuga.

Dirinyapun berharap agar apa yang sudah mereka lakukan dapat menjadi contoh bagi kaum mudah masa kini “Sudah sangat jarang ada pemuda yang bergerak secara langsung ke dunia pertanian, memang bertani itu berat. Namun sudah seharusnya sejak usia yang  produktif itu kita memberdayakan lahan,”Harapnya.

Semangat kamu mudah ini rupanya mendapatkan perhatian dari salah satu politisi dan juga Anggota DPRD Kotamobagu. Menurut Jufri Limbalo hal semacam ini sudah sangat jarang, apa lagi ditengah perkembangan jaman yang begitu pesat, sulit ditemui pemuda yang mengambil peran sebagai petani “Apa yang dilakukan petani muda adalah gebrakan yang luar biasa. Mreka berani menjawab tantangan jaman ditengah arus globalisasi yang hamper menenggelamkan profesi ini,”Kata Limbalo.

 

Penulis : Abdi F Sutomo

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *