Banner Bawah Utama

Kunjungi Bolmong, Mendes Serahkan Bantuan Ke Bumdes 50 Juta

Kunjungi Bolmong, Mendes Serahkan Bantuan Ke Bumdes 50 Juta

Kotamobagu,PilarSulut.Com – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tinggal Dan Tranmigrasi (Mendes,PDTT) Eko Putro Sandjojo, Kamis (12/4) bertatap muka dengan Bupati dan seluruh Pejabat Pemkab Bolmong. Pertamuan tersebut dilaksanakan di Restaurant D’Talaga dan dihadiri oleh seluruh Kepala Desa se Kabupaten Bolmong.

Mendes PDTT, Eko Putro Sandjojo Menyampaikan Sambutan

Bupati Bolmong dalam sambutannya memaparkan potensi sumberdaya alam, pertambangan, perkebunan, pertanian, perikanan serta potensi wisata.

“Bolmong memiliki luas tanaman padi mencapai 29.000 Hektar, luas tanaman jagung kurang lebih 80.000 hektar, meskipun memiliki luas tanaman jagung yang luas tapi jagung kita di cap Provinsi Gorontalo dan Bolmong penghasil kelapa terbesar di Sulut,”Papar Yasti.

Jajaran Pejabat Dan Kepala Desa Se Bolmong Hadir Pada Kesempatan Kunjungan Kerja Mendes PDTT

Namun meskipun memiliki potensi pertanian dan perkebunan kami masih kekurangan Industri “Kami disini masih butuh Industri Pak Manteri, ini untuk menunjang hasil produksi pertanian masyarakat. Selain itu kita punya potensi wisata pulau yang menjanjikan,”Sambung Yasti.

Dalam kesempatan tersebut, Yasti juga menyampaikan kekurang anggaran Dana Desa tahun 2018 “Tahun ini Desa desa di Bolmong kekurangan Dana Desa. Anggaranya dipotong dan saya tidak tau apa penyebabnya, padahal Desa desa masih sangat membutuhkan Dana desa,”Terang Yasti.

Sementara itu, Mendes,PDTT menanggapi penyampaian Bupati Bolmong mengakui memang ada pemotongan anggaran Dana Desa untuk tahun 2018 “Memang rata rata Dana Desa untuk tahun 2018 mengalami penurunan, terkecuali Dana desa bagi Desa yang berstatus miskin. Dan untuk Bolmong tidak ada desa yang miskin,”Jawab Eko Putro Sandjojo.

Dalam kesempatan tersebut juga Mendes memberikan bantuan anggaran untuk 10 Badan Usaha Milik desa (BUMDes) “Saya berikan dana Rp 50 juta bagi 10 BUMDes yang menurut Bupati layak untuk menerima. Nantinya dana tersebut digunakan untuk mengembangkan BUMDes,”Pinta Mendes.

Bupati Bolmong, Yasti s Mokoagow Menanda Tangani Sebagai Saksi Dalam MOU Antara BUMDes dan Pengusaha Nasional

Sekedar informasih, dalam kunjungan tersebut nampak Mendes PDTT didampingi Pjs Walikota Kotamobagu, Dandim 1303 dan Kapolres Bolmong. Selain itu Bupati turut menandatangani MOU Kerja sama dengan sejumlah pengusaha Nasional sebagai tindak lanjut dari Program PURKADES. (Advetorial)

Penulis : Abdi F Sutomo

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *