Banner Bawah Utama

KPUD Rampingkan TPS se-Kabupaten Bolmut

KPUD Rampingkan TPS se-Kabupaten Bolmut

Pilarsulut.com, BOLMUT—Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Tidak lama lagi akan dilaksanakan maka berbagai persiapan pun terus dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bolmut, salah satunya persiapan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 106 Desa dan 1 Kelurahan se-Kabupaten Bolmut.

Hal ini  disampaikan Lukman Daimasiki, salah satu Komisioner KPUD Bolmut Bidang Data dan Logistik mengatakan, kemungkinan besar untuk jumlah TPS di Pilkada Bolmut, secara keseluruhan akan terjadi perampingan.

Hal tersebut berdasarkan hasil Verifikasi Faktual lapangan tentang jumlah Daftar Pemilih Sementara di masing-masing Desa dan Kelurahan se-Kabupaten Bolmut hanya berkisar 800-an jumlah pemilih.

“Berdasarkan aturannya, maksimal satu TPS mengantongi jumlah pemilih 800-an jumlah pemilih. Di atas dari pada itu akan disediakan dua TPS,” kata Daimasiki.

Menurutnya, selain perhitungan jumlah pemilih, penyediaan TPS di atas lebih dari satu unit, harus berdasarkan luas wilayah yang sulit untuk dijangkau.

“Nah untuk Bolmut sendiri ada kurang lebih dua desa yang akan kita sediakan dua TPS, karena luas wilayah yang sulit dijangkau oleh para pemilih memberikan hak suaranya melalui TPS,” terangnya.

Untuk itu tandas Daimasiki, jika ditotalkan jumlah TPS Pilkada Bolmut kurang lebih mencapai 120 TPS dari jumlah sebelumnya yang disediakan oleh KPUD pada Pemilihan Gubernur Sulut yakni 132 TPS. (JM)

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *