Banner Bawah Utama

Dampingi Mendes, Pjs Walikota Kotamobagu Tinjau Sejumlah Proyek Padat Karya di Desa Bilalang I

Dampingi Mendes, Pjs Walikota Kotamobagu Tinjau Sejumlah Proyek Padat Karya di Desa Bilalang I

Kotamobagu,PilarSulut.Com – Kunjungan kerja Menteri Desa, PDTT, Eko Putro Sandjojo dan Ketua DPD RI, Oesman Sapta Odang ke Kotamobagu, Kamis (12/4) di Desa Bilalang Satu, Kecamatan Kotamobagu Utara, turut didampingi Pjs Walikota Kotamobagu, Muh Rudi Mokoginta.

Dalam kunjungan tersebut, Nampak Mendes turut serta membawah sejumlah Direktur Jenderal (Dirjen). Dalam tatap muka bersama ratusan warga Desa Bilalang dan Kecamatan Kotamobagu Utara tersebut Nampak sempat terjadi dialog.

Mendes,PDTT dihadapan masyarakat Desa Bilalang mengakui, dalam pandangannya Desa desa yang ada di Kotamobagu semuan telah maju “yang saya lihat, Desa desa di Kotamobagu rata rata sudah maju. Sehingga saya berharap agar setiap Desa dapat memajukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes),”Harap Mendes.

Dalam kesempatan tersebut juga, Mendes menekankan dalam penggunaan Dandes tidak bisa mengunakan pihak ketiga untuk pembangunan “Dana desa untuk pembangunan harus secara swadaya. Tidak bisa mengunakan kontraktor, hal ini untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Desa,”Jelasnya.

Sementara itu, Pjs Walikota Kotamobagu, dihadapan Mendes,PDTT dan Ketua DPD RI, menyampaikan anggaran Dana Desa yang masuk sejak 2015 di wilayah Kotamobagu “Sejak 2015 Kotamobagu mendapatkan Dandes Rp 4,5 Miliar, dan anggaran tersebut naik di tahun 2016 Rp 10,2 Miliar, dan kembali pertambah di tahun 2017 sebesar Rp 15,1 Miliar,”Ucap Mokoginta.

Dalam kesempatan tersebut juga, Pjs Walikota Kotamobagu menyampaikan berbagai potensi yang ada di sejumlah desa di wilayah Kotamobagu “Sejumlah Desa yang ada di Kotamobagu terdapat potensi yang saat ini terus dikembangkan. Adapun potensi tersebut diantaranya, potenso wisata alam pengunungan di Desa Sia, potensi lokasi air terjun dan arung jeram di Desa Poyowa besar, serta Kobo Kecil, dan wisata pemandian air panas di Desa Poyowa Kecil,”Jelasnya.

Selain itu, Mokoginta juga memaparkan sejumlah produk unggulan yang ada di masing masing Desa diantaranta “Produk kopi organic Desa Bilalang satu, Produk Kopi Sinondag Desa Bilalang Dua, dan Produk beras merah, Desa Poyowa Kecil, serta Produk gula aren, Desa Moyag. Produk produk ini dalam beberapa tahun sudah berhasil mengangkat perekonomian masyarakat dan membuka lapangan kerja baru,”Pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut juga, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes,PDTT) juga meresmikan pembangunan sangar belajar, dan meninjau pembanguna pada karya. (Advetorial)

 

Penulis : Abdi F Sutomo

 

 

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *