Banner Bawah Utama

Pencairan Dandes 15 Desa Se Kotamobagu Terkedala Perdes

Pencairan Dandes 15 Desa Se Kotamobagu Terkedala Perdes

Kotamobagu,PilarSulut.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Dinas Pemberdayaan Masyarkat Desa (DPMD) saat ini masih menunggu dokumen penetapan Peraturan Desa (Perdes) tentang Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) dari 15 Desa yang ada Kotamobagu. Senin (12/3).

Hal ini disampaikan Kepala Seksi (Kasie) Pemberdayaan Kelembagaan Masyarakat, Rum Mokoagow, pihaknya berharap agar Pemerintah Desa mensegerakan pemasukan Perdes “Kami harapkan bagi Desa untuk segera memasukan Perdes tentang APBDes tahun 2018, paling lambat 15 Maret mendatang,”harapnya.

Sedangkan untuk Dana Desa (DD) Run menyampaikan, Dandes sudah masuk ke rekening Kas Umum Daerah (RKUD), akan tetapi sebelum Dana tersebut di masukan ke Kas Umum Desa (KUD) harus ada penetapan Perdes.

“Dandes belum bisa kami salurkan ke KUD kalau tidak ada Perdes. Pemerintah Pusat sudah mentransfer 20 Persen Dandes ke RKUD, sekitar Rp 3,4 Miliar dari R p 17, 4 Miliar untuk 15 Desa, sehingga kami himbauagar Perdes ini bisa dimasukan,”jelasnya, sembari menambahkan jika Perdes sudah masuk masih akan ada tahap verifikasi kembali “Perdes masih akan diverifikasi lagi, kemudian akan dievaluasi oleh Tim TAPD Kotamobagu,”pungkasnya.

 

Penulis : Abdi F Sutomo

 

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *