Banner Bawah Utama

Mokoginta ; ASN Hadir Dalam Kampanye Tidak Ada Masalah

Mokoginta ; ASN Hadir Dalam Kampanye Tidak Ada Masalah

Foto Ilustrasi

Kotamobagu,PilarSulut.com – Rupanya kehadiran Aparatur Sipil Negeri (ASN) dalam kampanye, Calon Kepala Daerah baik Gubernur, Bupati dan Walikota tidak bertentang dengan aturan. Menyusulkan keluarnya pernyataan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasih Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur pada salah satu media online Nasional.

Dalam pemberitaan tersebut, Menpan-RB menjelaskan ASN tidak boleh ikut berkampanye dan terlibat dalam tim sukses “Kalau ada laporan nanti kita akan tindak sesuai dengan aturan yang berlaku. Jadi tidak boleh ada ASN yang terlibat langsung jadi juru kampanye, jadi tim sukses segala macam untuk salah satu kandidat,”kata Asman.

Adapun pengecualian terhadap ASN dalam Pilkada ataupun hajatan politik lainnya, yaitu mendengarkan visi dan misi Kepala Daerah “Kalau mengikuti tidak ada masalah, tapi jangan jadi juru kampanye dan tim sukses. Mendengarkan visi misi itu boleh tidak masalah,”terang Menpan-RB.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kotamobagu, Sahaya Mokoginta menambahkan, pada dasarnya ASN hadir dan mendengarkan tidak ada aturan yang melarang “Kalau hanya sekedar hadir dan mendengarkan tidak masalah. Namun yang jadi masalah itu kalau turut serta dan menjadi tim sukses. Apa terlebih mengunakan simbol partai atau Calon,”Ucap Mokoginta.

Selain itu, larangan bagi ASN bukan hanya menjadi tim sukses atau juru kampanye, namun peryataan dalam media social masuk dalam kategori mendukung secara langsung “Status Media social,  menyukai status Calon, atau memberikan komentar dalam kolom status masuk dalam larangan,”terang Mokoginta sembari menjelaskan bahwa untuk Pemerintah Kotamobagu sendiri Pejabat Walikota telah menunjuk tim pengawas netralitas ASN “Tim ini dibentuk langsung oleh Pj Walikota, dan dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah, terdiri dari Kepala BKPP, Bagian Hukum dan dua orang staf. Kami juga sudah melakukan MOU dengan Panwas, jadi sewaktu waktu Tim ini bisa hadir dalam kampanye, dengan maksud melakukan pengawasan,”jelasnya.

 

Penulis : Abdi F Sutomo

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *