Banner Bawah Utama

Debat Publik Cabup/Cawabup Mitra Hanya Menampilkan Pasangan Tunggal

Debat Publik Cabup/Cawabup Mitra Hanya Menampilkan Pasangan Tunggal

Mitra, PilarSulut.com – Debat publik pertama yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) pada Selasa, (06/03/2018) di Wale Wulan Lumintang, Kelurahan Tosuraya, Kecamatan Ratahan Mitra berlangusung dengan baik.

Debat dengan mengangkat tema “Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat dan Memajukan Daerah” ini hanya menampilkan satu pasangan calon atau calon tunggal dikarenakan hanya satu pasangan calon yang ditetapkan dan dinyatakan lolos oleh KPU sebagai Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati (Cabup/Cawabup) Kabupaten Mitra yakni, James Sumendap dan Jesaya Legi (JS-JL).

Debat kali ini menampilkan tiga panelis dari kalangan akademisi yakni, Dr Ferry Liando, SIP selaku pakar ilmu politik, Dr James D Massie, MS selaku pengamat ekonomi dan Dr Sofia Wantasen, MSI dari pemerhati lingkungan serta dipandu oleh Dr Max Rembang.

Debat tahap  publik ini terbagi empat segmen yaitu pemaparan visi dan misi, penajaman visi dan misi pendalama thema  serta pertanyaan dari berbagai elemen masyarakat seperti unsur petani, perempuan dan kaum disabilitas.

Hadirnya beberapa elemen yang menyaksikan berlangsungnya debat tersebut tentunya menarik untuk di ikuti.

Ketua KPU Mitra Aske Benu ketiaka ditemui wartawan usai Dialog Publik tersebut menjelaskan keikut sertaan sejumlah elemen masyarakat ini sudah sesuai dengan Peraturan KPU (PKPU).

“Ini sudah tertata dalam PKPU bahwa kita harus memikirkan seperti generasi muda, kaum disabilitas, kaum perempuan, dan kelompok tani, karena diharapkan dari para penanya itu, akan lebih mempertajam visi dan misi pasangan calon,” ungkapnya.

Dia berharap apa yang telah disampaikan tersebut akan dikabulkan dan ditindaklanjuti pasangan calon jika nantinya terpilih.

“Meski secara umum  debat publik ini telah berlangsung dengan sukses namun ada beberapa hal yang akan dibenahi sehingga debat-debat selanjutnya akan belangsung lebih baik lagi,” tambahnya. (Thety Metuak)

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *