Banner Bawah Utama

Butuh Dukungan Pemerintah, Batu Lesung Asal Kocil Laris Manis

Butuh Dukungan Pemerintah, Batu Lesung Asal Kocil Laris Manis

Kotamobagu,PilarSulut.Com – Pengrajin batu lesung atau ulekan asal Desa Kobo Kecil (Kocil), Ipan Lasantu (47), masih tetap bersemangat membuat ulekan berasal dari bahan baku batu dengan cara tradisional, meski ada sebagian alat yang dapat menunjang usahanya tersebut.

Lasantu menurutkan, dirinya pernah mendapatkan bantuan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu pada tahun 2016, namun bantuan tersebut tidak secara keselurahan bisa mengerjakan ulekan sampai dengan selesai “Sudah pernah dibantu namun hanya alat pemotong batu dan penghalus, sementara bagian lain harus saya kerjakan sendiri secara tradisional,”Ucap Lasantu.

Adapun kemampuan Lasantu dalam sehari dapat memproduksi ulekan sebanyak 4 buah “Biasanya dalam sehari 4 ulekan, namun tergantung juga kalau ada kendala pemadaman listrik, biasanya hanya 2 karena semuanya dikerjakan manual,”Kata Lasantu sembari berharap Pemkot Kotamobagu dapat kembali memberikan bantuan “Memang waktu memberikan bantuan itu sampai dengan penambahan daya listrik diberikan, tapikan kita juga harus punya genset. Sewaktu waktu ada pemadaman dan biasanya dalam jangka yang lama,”Harapnya.

Adapun pendistribusian hasil produksi ulekan milik Lasantu masih berada di seputaran Kotamobagu “Biasanya di pasar, karena sudah pelangan. Namun ada juga yang datang langsung ke rumah dan memesan, ada juga dari luar. Untuk dirinya sangat berharap bisa mendapatkan bantuan kembali dari Pemkot untuk mengembangkan usahanya sekaligus menambah jumlah pekerja,”Pintanya.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Kobo Kecil Repli N Ginintu melalui Sekertaris Desa (Sekdes) Irwan Mokodompit mengatakan, pengembangan usaha seperti Pembuatan Lesung tersebut sudah masuk dalam Program Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) “Itu salah satu program Bumdes untuk memberdayakan masyarakat, termasuk pembuat lesung, kebetulan mereka membutuh dana dan sentuhan pemerintah. Maka, akan dibantu oleh Bumdes dan sudah menjadi kewajiban pemerintah Desa untuk mendorong produk-produk termasuk Batu lesung tersebut,” pungkasnya

 

Penulis : Abdi F Sutomo

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *