Banner Bawah Utama

Bupati Bolmong Kunjungi Negeri Kincir Air

Bupati Bolmong Kunjungi Negeri Kincir Air

Bolmong,PilarSulut.Com – Bupati Bolaang Mongondow, Yasti S Mokoagow, Kamis (15/3,kemarin) mengunjungi Negeri kincir air atau Desa Mengkang, Kecamatan Lolayan. Kunjungan orang nomor satu di Bolaang Mongondow (Bolmong) in untuk meresmikan Jembatan Desa Mengkang, meninjau Rumah Adat Mongondow atau bisa disebut Rumah Adat Monibi.

Sebelumnya Yasti bersama sejumlah Angggota DPRD, dan pejabat Pemkab Bolmong dijemput dengan tarian Adat Tuitan atau Tarian khas penjemputan tamu. Selain meninjau Rumah Adat Monibi, Yasti juga melihat sejumlah benda Asli yang digunakan Suku Mongondow sebelum Era Moderen.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Bolaang Mongondow menyampaikan ucapa terima kasih dan apresiasi yang tinggi pada Pemerintah dan masyarakat Desa Mengkang yang telah berpartisipasi aktif dalam melestarikan budaya leluhur “Sudah betul apa yang dilakukan Pemerintah dan Masyarakat Desa Mengkang, melestarikan budaya leluhur orang Mongondow, dan ini tentunya merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi kita,”Ucap Bupati.

Selain itu juga Yasti mengaku bangga dengan kreatifitas Pemerintah dan Masyarakat Desa Mengkang yang sudah menciptakan Inovasi baru yang bisa dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat “Teknologi Mikrohidro atau Kincir air berfungsi membangkitkan energy listrik sebesar 10.000 Volt yang mampu melayani rumah rumah penduduk Desa Mengkang. Inovasi ini jelas sangat bermanfaat, terutama bagi anak anak kita yang ada di Desa Mengkang, mereka bisa belajar di malam hari,”Aku Yasti.

Sekedar informasih, 8 tahun silam atau sebelum dibangunnya Teknologi Mikrohidro oleh Pemerintah dan Masyarakat Desa Mengkang bekerja sama dengan PNPM-LMP, masyarakat Desa Mengkang pada malam hari hanya mengandalkan penerang petromaks, lampu botol dan lilin.

 

Penulis : Abdi F Sutomo

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *