Banner Bawah Utama

Yasti Bolmong Hanya Dapat ‘Ekor’ Dari Anggaran Pertanian

Yasti Bolmong Hanya Dapat ‘Ekor’ Dari Anggaran Pertanian

Bolmong,PilarSulut.com – Kunjungan Direktur Jenderal (Dirjen) Prasarana Dan Sarana Pertanian, Kementerian Pertanian, Pending Dadih Permana, ke Kabupaten Bolaang Mongondow dimanfaatkan Bupati Bolaang Mongondow, Yasti s Mokoagow.

Yasti dihadapan Dirjen Prasarana Dan Sarana Pertanian meminta pembagian anggaran Pertanian secara proposional “Dengan luas wilayah 30 persen secara keseluruhan di Sulut, luas persawahan 29.000 hektar dan lahan jagung 85.000 hektar seharusnya Bolmong mendapatkan anggaran yang lebih besar,”Pinta Yasti.

“Sejauh ini Bolmong hanya mendapatkan ekor dari dari anggaran yang disediakan setiap tahunnya. Seharusnya pemberian anggaran lebih proposional, dengan melihat luas lahan dan jumlah petani,”sambung Yasti.

Selain itu menurut Yasti, Pemkab Bolmong sangat membutuhkan pertahian dan bantuan dari Pemerintah Pusat Dan Provinsi “PAD baru 39 Miliar, belum bisa memenuhi kebutuhan masyarakat petani. Contohnya musim penghujang saat ini hasil panen masyarakat tidak bisa dipasarkan, kebanyak busuk karena tidak ada headrayer, ini yang perlu kami fikirkan dan sampaikan ke Pak Dirjen. Sehingga hasil panen petani tidak sia sia,”terang Yasti.

Sementara itu Dirjen Prasaran Dan Sarana Pertanian menyambut permintaan Bupati Bolaang Mongondow, membangun pertanian tidak hanya dilakukan oleh Pemerintah Pusat melainkan Pemerintah Daerah “saya langsung jawab saja, untuk alsinta kami tambah Traktor 25 unit, Pompa air, excavator 2 unit untuk perbaikan saluran irigasi. Saya berharap dengan diberikan bantuan ini masyarakat dapat menjaga, tapi tidak untuk di memiliki. Semua bisa mengunakan,”ucap Pending Dadih Permana.

Penulis : Abdi Firmansyah Sutomo

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *