Banner Bawah Utama

Tahlis : Progress Audit APBD Bolmong Sangat Baik

Tahlis : Progress Audit APBD Bolmong Sangat Baik

Foto Istimewah

Bolmong,PilarSulut.com – Tahapan audit pendahuluan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, perwakilan Sulawesi Utara (Sulut) terhadap penggunaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2017 milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) telah memasuki waktu 14 hari.

Dalam waktu 14 hari tersebut, proses audit berjalan dengan baik. Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong, Tahlis Gallang saat memimpin upacara Apel Korpri, Senin (19/2). Menurut Tahlis yang disampaikan BPK sangat jauh berbeda dengan tahun sebelumnya.

“Semua data yang diperlukan sudah masuk. Namun masih ada beberapa yang belum memasukan, mungkin yang bersangkutan sedang tugas luar. Tentunya proses tahun ini dengan tahun sebelumnya cukup luar biasa, sehingga baik dan tidaknya hasil audit tahun 2017 ini, tergantung kita semua,”terang Tahlis.

Sambungya “Kalau kita memasukan data yang selengkap lengkapnya, pasti tidak akan ada temuan. Saya yakin, kita semua tidak ada niat mengunakan APBD diluar ketentuan yang sudah diatur. Oleh jika diminta BPK untuk memberikan dokumen segera diberikan, jika diminta untuk hadir harus hadir,”ucap Tahlis.

Disamping itu Tahlis meminta, dalam pecan ini tim BPK akan turun lapangan, melihat secara langsung pekerjaan fisik “Untuk pengecekan pekerjaan fisik harus dilibatkan pihak ke 3, karena mereka yang mengetahui pekerjaa tersebut. Jangan sampai nanti setelah keluar LHP baru berkoar koar, ini tidak bisa lagi. Selain menindaklanjuti apa yang jadi temuan dari BPK,”pinta Tahlis.

Sebelumnya pada entry meeting, Bupati Bolaang Mongondow, Yasti S Mokoagow menegaskan bagi seluruh pihak yang berkaitan dengan pemeriksaan BPK untuk memenuhi apa yang diminta oleh tim audit BPK “Bagi yang ada hubungannya dengan tim audit segera menghadap, jangan mengulur ngulur waktu. Selain itu, dokumen yang diminta segera diberikan, jangan ditunda tunda, dan bagi PPK, PPTK dan pihak ke 3 untuk mendampingi tim audit saat pemerisakaan lapangan,”tegasnya.

 

Penulis : Abdi F Sutomo

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *