Banner Bawah Utama

Musrembang Tingkat Kecamatan Di Bolmong Resmi Dimulai

Musrembang Tingkat Kecamatan Di Bolmong Resmi Dimulai

Bolmong,PilarSulut.com – Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) tingkat Kecamatan se Kabupaten Bolaang Mongonw resmi di mulai, Bupati Bolaang Mongondow, Dra Yasti S Mokoagow yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Tahlis Gallang membuka secara resmi Musrembang Kecamatan Dumoga Tenggara dan Dumoga Utara, Selasa (13/2) kemarin.

Hadir pada pelaksanaan Musrembang tingkat Kecamatan tersebut, Wakil Ketua I DPRD Bolmong, Kamran Muktar Podomi, Ketua Fraksi Demokrat, Donny Lumenta serta sejumlah Anggota DPRD, hadir juga sejumlah pimpinan SKPD, serta Camat. Kamis (15/2).

Tahlis Gallang saat menyampaikan sambuta, menjelaskan fungsi dan tujuan dari pelaksanaan Musrembang, menurutnya dari pelaksanaan Musrembang dapat menghasilakan kesepakatan antara pelaku pembangunan tentang rancangan Kerja Pembangunan Daerah (RKPD), serta mensinkronkan antara usulan masyarakat dan Program kerja perangkat Daerah “Pemerintah daerah wajib menyusun dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) sebagai landasan penyusunan RAPBD tahun 2018,”ucap Tahlis.

Disamping itu, penyusunan rancangan RKPD dilakukan melalui proses pembahasan yang terkordinasi antara SKPD “Akan kita evaluasi kembali realisasi program-program tahun sebelumnya, sehingga dalam pembahasan yang dilakukan antar para pemangku kepentingan, dapat disepakati langkah-langkah penanganan masalah yang tertuang dalam program kegiatan prioritas, yang tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan desa dan diintegrasikan dengan prioritas pembangunan Daerah, yang pada akhirnya menjadi dasar penyusunan Program Kegiatan Prioritas yang akan disusun oleh SKPD untuk tahun 2018,”terang Tahlis.

Terpisah salah satu aktifis vocal dari dataran Dumoga berharap, Pemerintah Kabupaten Bolmong dapat melihat dengan jeli setiap usulan yang dimasukan oleh masyarakat “Usulan yang jadi kebutuhan masyarakat dan tidak bisa ditalangi dengan Dana Desa harus dimasuk dalam APBD tahun 2019. Selain itu kami berharap Pemerintah dapat memberikan proses lebih besar lagi untuk pertanian,”harap Zulfirawit Manggopa, warga Konomaligan, Kecamatan Dumoga Tengah. (Advetorial)

Penulis : Abdi F Sutomo

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *