Banner Bawah Utama

Hadiri Pesta Tulude, Gubernur Olly Ajak Masyarakat Sitaro Lestarikan Budaya

Hadiri Pesta Tulude, Gubernur Olly Ajak Masyarakat Sitaro Lestarikan Budaya

Sitaro, PilarSulut.com – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey, SE bersama rombongan dari Pemerintah Provinsi Sulut menghadiri langsung pesta Adat Tulude di Kabupaten Kepulauan Siau, Tagulandang, Biaro (Sitaro), Rabu (31/01/18).

Gubernur saat memberikan sanbutan pada acara dengan tema “Gahagho Selambungang Apa Lombong Pudarame Tahanusa”, (Bersama Mendoakan Kemajuan dan Kedamaian Kabupaten Kepulauan Sitaro itu mengajak seluruh masyarakat Sitaro untuk selalu mendukung penuh kebudayaan yang ada di Sitaro dan jadikan budaya ini sebagai budaya yang harus di pelihara karena ini menjadi agenda Pariwisata di Provinsi Sulut.

” Tulude menjadi satu budaya yang harus kita dukung penuh karena ini bukan hanya menjadi budaya disanger tapi sudah ada provinsi sulut karena budaya ini sudah ada di masyarakat pesisir provinsi sulut. Masyarakat harus tetap solid untuk memajuhkan kebudayaan Sitaro tetap terus pertahankan bahasa dan budaya yang ada dan bersyukur disini saya di beritahukan kalau di sekolah-sekolah selalu ada pelajaran bahasa daerah untuk pertahankan budaya Sitaro. Ini perlu dilestarikan dan semoga Sitaro menjadi contoh bagi Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Sulut. Selain itu juga, pemprov sedang menggalakkan pengiriman siswa belajar bahasa di cina, dan tahun kemarin saya telah mengirim siswa 2 orang dari sitaro untuk belajar bahasa dan pariwisata, tahun depan target 5 dari sitaro kita kirim lagi untuk sekolah selama satu tahun dan biayanya gratis,” kata Gubernur.

Pada kesempatan itu dikatakan Gubernur, dirinya bersyukur karena selama kurang lebih dua tahun sebagai Gubernur Provinsi Sulut baru kali ini bisa hadir mengikuti Pesta Adat Tulude di Sitaro.

“Saya sangat bersyukur bisa hadir di pesta adat Tulude dan bangga karena acara Tulude ini bisa bersamaan dengan Fenomena Gerhana Bulan. Ini pertamakali saya hadiri kegiatan tulude sibarengi dengan gerhana bulan. Kejadian yang langka,” ujar Guberbur. (Khay)

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *