Banner Bawah Utama

Bupati Bolmong Panen Jagung Bersama Dirjen Kementan

Bupati Bolmong Panen Jagung Bersama Dirjen Kementan

Bolmong,PilarSulut.com – Direktur Jenderal (Dirjen) Prasarana dan Sarana, Kementerian Pertanian (Kementan) RI, Pending Dadih Permana menghadiri panen raya jagung, bersama Bupati Bolaang Mongondow, Dra Yasti S Mokoagow, di Kecamatan Lolak, Desa Totabuan, Provinsi Sulawesi Utara. Jumat (9/2).

Hadir pada kesempatan tersebut, Walikota Kotamobagu, Ir Hj Tatong Bara, Wakil Bupati Bolaang Mongondow, Yanny R Tuuk, Kadis Pertanian Provinsi, Ir Novli Wowiling, Dandim 1303 Bolmong, Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong, Tahlis Gallang, sejumlah kepala SKPD Pemkot Kotamobagu, pimpinan SKPD Kabupaten Bolmong.

Bupati Bolaang Mongondow, dihadapan Dirjen Kementan RI menjelaskan luas wilayah serta potensi yang dimiliki Kabupaten Bolaang Mongondow, menurut mantan Ketua Komisi V DPR RI ini, Kabupaten Bolmong mempunyai 30 persen luas wilayah di Sulawesi Utara “Luas wilayah kita 30 persen luas wilayah Sulut, luas persawahan 29.140 hektar, luas tanaman jagung 85.000 hektar. Tapi Bolmong hanya mendapatkan sedikit dari anggaran pertanian yang ada di Provinsi Sulut,”ucap Yasti.

“Harusnya dengan luas wilayah dan banyaknya jumlah petani, Bolmong mendapatkan anggaran yang proposional, ini untuk menunjang pertanian kita. Bolmong dikenal dengan lumbung berasnya Sulut, sehingga kami harapkan mendapat perhatian lebih dari Pemerinta Pusat dan Provinsi Sulut,”sambung Yasti, sembari menambahkan, selain itu potensi tanaman holikultura cukup besar di Daerah ini “Kita punya 5000 hektar lahan tanaman holikultura, potensi potensi yang butuh perhatian dari sehingga bisa menghasilkan panen yang berkualitas,”tambah Yasti.

Sementara itu, Dirjen Kementan RI, Pending Dadih Permana langsung menjawab pertanya dari Bupati Bolaang Mongondow, menurut Pending membangun pertanian bukan hanya dilakukan oleh Pemerintah Pusat, namun Daerah sudah diberikan kewenangan penuh untuk menjaga kawasan kawasan pertaniannya “Saat ini alih fungsi lahan pertanian cukup gencar, nah kami memberikan apresiasi bagi Pemerintah Daerah dan petani yang sudah bersedia menjaga lahan pertanian. Atas kerja keras petani Bolmong kami memberikan bantuan Alsintan sebanyak 35 unit, yang terdiri dari 25 unit hand traktor roda dua, dan 10 unit hand traktor roda 4. Akan tetapi bantuan ini tidak untuk dimiliki tapi digunakan secara bersama sama,”pesan Pending.

Usai menyampaikan sambutan, Dirjen Prasaran dan Sarana Pertanian, bersama Bupati Bolmong, Walikota Kotamobagu, Dirut Alsintan Kementan, Wakil Bupati Bolmong, Kadis Pertanian Provinsi Sulut, melaksanakan panen jagung, selanjutnya menyerahkan bantuan Hand Traktor, sekaligus mencoba Hand Traktor roda 4. (Advetorial)

Penulis : Abdi F Sutomo

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *