Banner Bawah Utama

20 Miliar Tahap Awal Pembanguan Runway Bandara Lolak

20 Miliar Tahap Awal Pembanguan Runway Bandara Lolak

Bolmong,PilarSulut.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) melalui Dinas Perhubungan (Dishub) saat ini sedang menunggu proses lelang pekerjaan landasan pacu (Runway) sepanjang 1400 Meter dengan lebar 30 Meter.

Hal ini disampaikan, Kepala Dishub Ashari Sugeha melalui Kepala Bidang Prasarana, Zulfadli Binol. Menurut Binol pihak Pemkab hanya sebatas mengawasi proses pekerjaan.

“Lelang akan dilakukan pada akhir Maret atau April 2018. Lelang akan dilakukan oleh pihak Kementerian karena anggaran ini berasal dari APBN. Pemerintah Daerah sendiri hanya sebagai pengawas,”kata Binol.

Adapun panjang secara keseluruhan, Binol mengungkapkan berdasarkan rencana panjang landasan pacu 2200 meter “Dalam perencanaan 2200 meter sampai tahap 3, dengan jumlah anggaran 200 Miliar sekaligus Pembangunan gedung terminal Bandara yang akan dilakukan tahun 2019,”ungkapnya.

Sementara itu untuk nama Bandara, pihak Pemerintah sejauh ini belum menyiapkan “Belum ada rencana penamaan, saat ini kami fokus pembangunan. Nantinya untuk penamaan akan dilakukan sayembara, karena nama Bandara akan dijadikan Perda,”terang Binol.

Sebelumnya Bupati Bolaang Mongondow, Yasti S Mokoagow sempat menyebutkan nama Bandara Lolak dengan sebutan Bandara Lolola Mokoagow atau Datoe Binangkang. Dalam sejarah Bolaang Mongondow, Lolola Mokoagow salah satu Raja Bolaang Mongondow.

 

Penulis : Abdi F Sutomo

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *