Walikota Kotamobagu Resmikan Pengolahan Sampah Berbasis Masyarakat

Foto Istimewah

Kotamobagu,PilarSulut.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu tahun 2018 telah menyiapkan Tempat Pengolahan Sampah (TPS) berbasis masyarakat atau TPS 3R, yaitu Reduse (Mengurangi), Reuse (Mengunakan), Recycle (Daur Ulang).

Penerpan TPS 3R bertujuan untuk memberikan sarana bagi masyarakat dikawasan pemukiman padat perkotaan yang ingin melaksanakan pengolahan sampah sesuai dengan kondisi lingkungan sekitarnya. Adapun pendekatan yang dilakukan dengan TPS 3R, mulai dari penjemputan sampah dari tiap rumah, pemilah sampah, pengelolaan sampah organic yang akan dijadikan kompos.

Peresmian TPS 3R menandai dimulainya aktifitas pengolahan sampah yang terletak di Kelurahan Matali, Kecamatan Kotamobagu Timur. Walikota Kotamobagu, Ir Hj Tatong Bara dalam sambutannya usai meresmikan TPS 3R berharap.

“Dengan diresmikannya TPS 3R ini, dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. Karena berbagai jenis sampah yang dapat daur ulang, dan bernilai ekonomis,”harap Walikota.

Diakhir sambutannya, Walikota Kotamobagu mengucapkan terima kasih pada Kementerian PU Provinsi Sulut yang telah membantu Pemerintah Kotamobagu dalam penyedian TPS, yang berlokasi di Kelurahan Mongkonai.

Hadir dalam peresmian TPS 3R, kepala Satker Pengembangan Sistem Penyehatan Lingkungan Pemukiman Provinsi Sulut. Sejumlah pimpinan SKPD Pemkot Kotamobagu, serta Kelompok Swadaya Masyarakat Oyotang, Kelurahan Matali.

 

Penulis : Abd F Sutomo

 

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Bukan Hanya SMK Icthus yang Ditutup, Gubernur Olly: Sudah 8 Sekolah Bermasalah yang Ditutup

Manado, PilarSulut.com – Terkait penutupan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Icthus di Kota Manado oleh pee …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *