Banner Bawah Utama

Penting! Unsrat Manado: SNMPTN Harus Jadi Perhatian Sekolah

Penting! Unsrat Manado: SNMPTN Harus Jadi Perhatian Sekolah

Manado, PilarSulut.com – Pentingnya Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018 kiranya dapat menjadi perhatian pihak Sekolah SMA/SMK sederajat di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Dimana dalam tiap penerimaan mahasiswa baru harus melakukan proteksi agar tidak terjadi praktek Pungutan lilar (Pungli) atau percaloan pada pendaftaran calon mahasiswa.

Hal itu diungkapkan pihak Universitas Samratulangi (Unsrat) Manado melalui Rektor Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat saat konferensi pers di yang berlangsung di Gedung Rektorat Unsrat, Senin (15/01/2018) sore.

Prof Ellen, sapaan akrab Rektor Unsrat ini mengatakan pentingnya menyampaikan atau mensosialisasikan hal ini kepada masyarakat atau pihak sekolah soal SNMPTN ini.

“Perlu diinformasikan bahwa secara resmi SNMPTN sudah diluncurkan oleh babak menteri pada tanggal 12 Januari lalu di Jakarta,” kata Prof Ellen.

Untuk itu, lanjut Prof Ellen, tugas kami di daerah adalah mensosialisasikan keberadaan SNMPTN di Sulawesi Utara dan sekitarnya. Kita berharap pelaksanaan SNPTN 2081 ini akan terlaksana sebagaimana yang pernah kita laksanakan di tahun 2017.

“Diharapkan berjalan makin hari makin baik karna itulah tujuan kita mengkoreksi apa yang kurang lalu kemudian kita benahi dan kita tuntaskan pada kegiatan SNMPTN 2018. Apalagi Unsrat sudah masuk akreditasi A,” terang Prof Ellen sembari menambahkan kiranya layanan ini bisa berjalan dan tersosialisasi dengan baik ke seluruh adik adik siswa yang akan masuk dengan jalur SNMPTN.

“Kita berharap memang kader kader terbaik dari seluruh SMA yang ada bisa masuk di universitas samratulangi. Itu harapan kami yang utama supaya kita bisa menjaga terus keberadaan akreditasi A karena kalau mahasiswa yang masuk bagus yang keluarpun akan bagus,” tutup Rektor Perempuan pertama di Unsrat ini.

Berikut ini kiranya para Kepala Sekolah SMA/SMK sederajat dapat memfasilitasi siswanya untuk ikut SNMPTN 2018 dengan melakukan cara-cara berikut:

– Sekolah melakukan login ke laman http://pdss.smnptn.ac.id dengan menggunakan password sekolah. – Sekolah mengisikan data sekolah dan akreditasi.
– Sekolah mendaftarkan kelas yang diikuti oleh siswa calon lulusan 2018.
– Sekolah mengisikan data siswa setiap kelas.
(a). Pengisian data siswa harus menggunakan NISN yang terdaftar di http://nisn.data.kemdikbud.go.id/
(b). Pengisian data siswa harus dimulai dari tingkat X.
– Sekolah mengisikan nilai setiap siswa, sesuai dengan kurikulum yang telah didefinisikan.
– Sekolah melakukan finalisasi PDSS dengan mengunggah surat pernyatan yang telah disediakan.
– Sekolah menerbitkan password bagi siswa setelah melakukan finalisasi.

Diketahui, lounching SNMPTN 12 Januari 2018, pengisian dan verifikasi PDSS 13 Januari s/d 10 Februari 2018, Pendaftaran SNMPTN 21 Februari s/d 6 Maret 2018 dan pendaftaran kembali peserta yang lulus SNMPTN 8 Mei 2018. (Khay)

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *