Pemkot Kotamobagu Himbau Masyarakat Tak Kucilkan Penderita HIV/AIDS

Kotamobagu,PilarSulut.com – HIV/AIDS adalah salah satu penyakit yang sampai saat ini belum bisa ditemukan obatnya. Adapun vaksi yang ada saat ini hanya sebatas memperlambat pertumbuhan virus menyerang system kekebalan tubuh manusia. Hamper disetiap Daerah dapat dipastikan ada penderita HIV/AIDS, begitu juga dengan Kota Kotamobagu.

Daerah yang baru berusia 10 tahun ini pasca mekar dari Kabupaten Bolaang Mongondow, sudah memiliki 73 penderita HIV/AIDS. Satu diantaranya sudah meninggal dunia pada akhir bulan November 2017 lalu. Kebanyakan dari penderita HIV/AIDS ini adalah warga Kotamobagu.

Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu, melalui Dinas Kesehatan selang beberapa tahun terakhir focus mengawasi dan merawat penderita HIV/AIDS yang setiap tahun mengalami peningkatan. Menurut Kepala Seksi Pemberantasan Penyakit Menular pihaknya sangat intense merawat penderita HIV/AIDS “Mereka kami berikan Antiretroviral ini obat antivirus untuk memperlambat laju pertumbuhan virus yang menyerang system kekebalan tubuh manusia. Sehingga bisa hidup lebih lama, dan beraktifitas layaknya manuasia biasa,”kata Vonny.

Namun, Vonny menjelaskan ada satu cara lagi yang bisa membantu penderita HIV/AIDS, yaitu dengan memberikan mereka dukungan “Jadi kalau ada penderita dilingkungan kita, tidak perlu kahwatir. Apa lagi dia sudah menjalani pengobatan. Penderita HIV/AIDS butuh dukungan serta semangat. Penyakit ini hanya bisa menular dari hubungan seks, penggunaan jarum suntik, dan Bayi yang Ibu nya terinfeksi. Tapi ada beberapa kasus bayi dari Ibu yang terinfeksi tidak membawah virus tersebut,”jelasnya.

Lebih lanjut, Vonny menghimbau agar tidak menjauhi penderita HIV/AIDS “Penyakit tersebut sampai saat ini belum ada obatnya, sehingga paling penting memberikan mereka dukungan dan support,”himbaunya.

 

Penulis : Abdi F Sutomo

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Bukan Hanya SMK Icthus yang Ditutup, Gubernur Olly: Sudah 8 Sekolah Bermasalah yang Ditutup

Manado, PilarSulut.com – Terkait penutupan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Icthus di Kota Manado oleh pee …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *