Ini Penyebab Enam SKPD Pemkot Kotamobagu Masuk Daftar Merah Penilaian Ombusdman

Kotamobagu,PilarSulut.com – Ombusdman RI sebagai salah satu lembaga Negara yang memiliki kewenangan dalam mengawasi penyelenggaraan public, (Rabu, 17/1) telah menyampaikan hasil penilaianya atas pelayanan yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu. Dalam penilaianya terhadap 8 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang berkaitan langsung proses pelayanan hanya terdapat 3 SKPD yang masuk pada zona hijau.

Tiga SKPD yang maksud diantaranya, Dinas Catatan Sipil (Discapil), Dinas Sosial, dan Dinas Penanaman Modal, dan PTSP. Sedangkan 5 SKPD yang ada pada zona merah diantaranya, Dinas Pendidikan, Disperdakop-UMKM, Dishub, Disperinker, dan Dispertanak.

Menurut Sekretaris Kota (Sekot) Adnan Masinae, ada beragam penyebab sehingga 5 SKPD tersebut masih mendapatkan rapot merah “Untuk Dinas Pendidikan menyangkut Sertifikasi guru, sistemnya sudah baik, tapi alur pengurusannya itu ada kaitannya dengan Instansi lain, nah disini terdapat proses yang agak lambat, tapi sejak tahun lalu kami sudah berusaha agar proses ini dapat dipersingkat. Sadangkan untuk Dishub, terkait dengan analisis dampak lalulintas, sebenarnya sudah ada tapi terlambat dimasukan sehingga saat penilaian tidak ada. Adapun untuk layanan parker itu menyangkut penggunaan portal, yang saat ini kita sudah berencana untuk semua tempat penarikan retribusi parker akan dipasangkan portal, tapi ini akan dilakukan secara bertahap,”terang Adnan.

“Intinya untuk kwalitas pelayana public, Pemerintah Kotamobagu sangat mengutamakan. Ada yang sudah dilaksanakan sesuai aturan tapi secara tertulisnya belum ada, sehingga ini masih perlu kami lengkapi lagi,”sambung Adnan.

 

Penulis : Abdi F Sutomo

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Bukan Hanya SMK Icthus yang Ditutup, Gubernur Olly: Sudah 8 Sekolah Bermasalah yang Ditutup

Manado, PilarSulut.com – Terkait penutupan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Icthus di Kota Manado oleh pee …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *