Banner Bawah Utama

Walikota Kotamobagu Terima Kunjungan Wakapolda Sulut

Walikota Kotamobagu Terima Kunjungan Wakapolda Sulut

Kotamobagu,PilarSulut.com – Walikota Kotamobagu, Ir Hj Tatong Bara bersama jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) siang tadi, Kamis (26/10) menerima kunjungan kerja Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Sulut, Brigjen Pol, Jhoni Asodoma, M Hum bersama jajaran Polda Sulut, di Aula Rumah Dinas Walikota Kotamobagu.

Kunjungan kerja pertama bagi Asodoma, pasca dilantik sebagai Wakapolda pada bulan Agusutus 2017 lalu, sempat tertunda. Penundaan dikarenakan jadwal dari Walikota Kotamobagu dalam 1 bulan terakhir cukup padat.

img_20171026_123304

Walikota Kotamobagu dalam sambutannya mengatakan permohonan maaf atas penundaan pertemuan, serta dirinya mengucapkan selamat datang bagi Asodoma di wilayah Kotamobagu “Saya mohon maaf karena kunjungan ini sedianya dilakukan beberapa pecan lalu, namun karena ada agenda Pemerintah pusat yang mengharuskan saya hadir, sehingga diundur pada hari ini,”kata Walikota Kotamobagu.

“Sepintas saya akan menyampaikan posisi Kotamobagu. Daerah ini dibentuk berdasarkan UU nomor 4 tahun 2007, dengan luas wilayah 68,06 Km, jumlah Kecamatan sebanyak 4, serta terdapat 15 Desa dan 18 Kelurahan. Ini adalah salah satu keunikan bagi Kotamobagu, sudah berstatus Kota tapi masih ada Desa,”sambung Walikota.

Lebih lanjut, Tatong Bara menyampaikan, Pemerintahan yang ia pimpin hingga memasuki tahun ke 4 ini sudah 4 kali meraih Opini WTP dari BPK RI perwakilan Sulut “Alhamdulilah selama 4 tahun memimpin Kotamobagu, kami berhasil meraih 4 kali Opini WTP dari BPK RI, dan Insya Allah untuk tahun 2017 ini kami akan mempertahankan Opini tersebut. Disamping itu, ada juga beberapa prestasi mulai dari tingkat Provinsi hingga Pusat yang berhasil kami torehkan,”ucap Tatong.

Tatong menambahkan, dengan banyaknya prestasi tersebut, turut mempengaruhi pesatnya perkembangan Daerah, sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS), pertemuan ekonomi, berdasarkan Produk Domestik Regional Bruto Perkapita, setiap tahunnya terus mengalami peningkatan.

“Perekonomian Kotamobagu mengalami peningkatan, demikian juga dengan IPM yan diukur dari angka harapan hidup, melek huruf, pendidikan, serta standar hidup, sebesar 70,46 persen. Disamping itu juga angka kemiskinan Daerah, Kotamobagu berada pada peringkat 2 terendah se Sulut, yakni dengan angka 5,75 persen,”tambah Tatong.

img_20171026_123420

Sementara itu, Wakapolda Sulut, Brigjen Pol Jhoni Asodoma, Saat diberikan kesempatan menyampaikan maksud kunjungan kerja “Ada kali ini untuk melihat kesiapan dan situasi dari Polres Bolmong yang membawahi 4 Kabupaten 1 Kota. Serta kondisi Daerah, terutama menyangkut Kamtibmas,”Ucap Asodoma.

Lebih lanjut Asodoma menjelaskan, terkait penanda tanganan MOU Kerja Sama Pembinaan Bagi Calon Anggota Polri Tertentu dengan Pemerintah Kota, bertujuan agar Putra/ri Daerah yang ingin menjadi anggota Polri ini terlebih dahulu dipersiapkan “Secara fisik dan pengetahuan harus dipersiapkan jauh sebelum mengikuti seleksi. Saat ini sudah tidak ada lagi yang namanya sogok, setelah pendaftaran di buka, begitu juga pengawasan internal dan eksternal berjalan. Sehingga yang jadi modal utama itu adalah kemampuan,”jelas Asodoma yang perna meraih medali emas di Sea Games 1984 Cabang Olahraga Tinju.

Hadir dalam kunjungan kerja Wakapolda Sulut tersebut, Kapolres Bolmong, Perwakilan Dandim 1303 Bolmong, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Ketua MUI Kotamobagu, Ketua PN Kotamobagu, Ketua NU Kotamobagu dan Imam Besar Mesjid Raya Baitul Makmur.

 

Penulis : Abdi F Sutomo

 

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *