Banner Bawah Utama

Pemkab Bolmong Usulkan Pembangunan Rumah Nelayan

Pemkab Bolmong Usulkan Pembangunan Rumah Nelayan

Bolmong,PilarSulut.com – Warga Bolaang Mongondow, yang berprofesi sebagai Nelayan direncanakan bakal menerima Rumah Tinggal Layak Huni (RTLH) dari Pemerintah Pusat. Pemberian rumah ini dikhususkan bagi nelayan yang kurang mampu, serta penempatannya berstatus kampung nelayan. Hal ini katakan Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP), Ir Dadang Nugroho saat ditemui awak media pecan lalu.

Menurut Dadang, pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong hanya sebatas mensurvei dan mengusulkan ke Pemerintah Pusat “Anggaran untuk Rumah Tinggal Layak Huni (RTLH) ini memang ada, Pemkab hanya mensurvei lokasi dan mengusulkan, apakah layak mendapatkan program ini atau tidak,”kata Dadang.

Disamping itu juga, Program ini bisa turun jika adanya ketersedian lahan “Pemerintah Pusat akan memberikan program ini di Daerah jika lahan pembangunanya sudah ada, sehingga yang paling penting itu lahanya dulu. Dan program ini bisa turun kalau di wilayah tersebut berstatus kampung nelayan,”ucap Dadang.

Sehingga pihaknya berharap warga atau Pemerintah Desa setempat bersedia memberikan lahan untuk Pembangunan RTLH bagi Nelayan kurang mampu “Lokasihnya sudah kami survey, itu ada di Kecamatan Sangtombolang, di Desa Pasir Putih. Desa itu juga berstatus Kampung nelayan, namun tidak menutup kemungkinan jika ada di desa lain yang sudah menyiapkan lahan pasti bisa mendapatkan program ini,”harap Dadang.

Adapun jumlah RTLH yang akan dibangun, Dadang mengungkapkan, dalam program ini RTLH akan dibangun dalam satu kawasan dengan luas lahan 1 hektar “Jumlahnya ada 50 unit dalam 1 hektar. Mudah mudahan bisa terealisasi pada tahun 2018,”ungkapnya.

 

Penulis : Abdi F Sutomo

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *