Headline

Amankan Data Pemerintahan, Tim Data Center Diskominfo Kotamobagu Ikuti Pelatihan

Amankan Data Pemerintahan, Tim Data Center Diskominfo Kotamobagu Ikuti Pelatihan

Kotamobagu,PilarSulut.com – Penggunaan teknologi informasi untuk kepentingan Pemerintahan sudah jadi hal yang lumra di tengah pesatnya perkembangan jaman, makin pendeknya arus birokrasi menjamin pemanfaatan waktu pekerjaan. Namun, dibalik itu ada bahaya yang mengincar pengguna tekhnologi informasi, terlebih penggunaan surat elektronik atau email untuk urusan pekerjaan.

Penggunaan tekhnologi informasih untuk kepentingan Pemerintah telah lama diterapkan hampir di semua Daerah yang ada di Indonesia, untuk Kotamobagu sendiri, saat ini Pemerintah Kotamobagu melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) telah menyiapkan satu data center. dimana ini, akan menjadi pusat data untuk Kotamobagu.

Untuk pengoperasian data center, Diskominfo terus melakukan persiapan, salah satunya dengan melaksanakan In House Training, pelatihan terkait penggunaan Tekhnologi Virtualisasi Server atau Hyper Converged Infrastructure (HCI).

Apa itu HCI? Menurut Ketua Tim Data Center Diskominfo pada awak media pagi tadi Senin (20/3), Sistem virtualisasi server atau hyper converged infrastructure (HCI) ini adalah 1 server sama dengan 10 server “kita gunakan 1 server sama dengan kita sudah mengunakan 10 server , nantinya hanya ada satu jalur yang akan digunakan, ini untuk mengantisipasi kebocoran data, sebab kedepanya surat elektronik antara instansi akan dipusatkan dalam satu jalur,”ujar Rudhie Unu.

Ditambahkanya, dalam pelatihan ini Diskominfo mengunakan tenaga ahli dari luar “Kita gunakan tenaga ahli dari cina satu orang, dan satu orang lagi dari Jakarta,”tambahnya.

Terpisah, Kepala Bidang tekhnologi Informasih dan Komunikasi (TIK) Indra Sutriadi Pipii mengatakan pelatihan ini untuk menambah kemampuan Tim Data Center yang dimiliki Pemkot “Operator data center terus kita upayakan peningkatan kemampuannya terutama menyangkut dengan penggunaan Teknologi Virtualisasi Server ini,”kata Indra. (Abdi)

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *