Banner Bawah Utama

KBRI: Tersangka Pembunuh Saudara Kim Jong-Un Seorang WNI

KBRI: Tersangka Pembunuh Saudara Kim Jong-Un Seorang WNI

Internasional, Pilarsulut.com – Kementerian Luar Negeri Indonesia menkonfirmasi, terduga pelaku pembunuhan Kim Jong-nam, kakak tiri diktator Korea Utara (Korut) Kim Jong-un adalah warga negara Indonesia (WNI). Kepastian ini didapat setelah Kedutaan Besar Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur, Malaysia mencocokan data di paspor pelaku dengan data yang ada di sistem KBRI.

“KBRI sudah melakukan verifikasi dan berdasarkan data sementara yang ada di KBRI, wanita tersebut berstatus WNI,” kata Direktur Perlindungan Warga Negara dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI), Lalu Muhammad Iqbal pada Kamis (16/2).

Satu dari dua wanita itu berpaspor Indonesia atas nama Siti Aishah, asal Serang, Jawa Barat, dengan tanggal lahir 11 Februari 1992.

Wanita berpaspor Indonesia itu ditangkap Kamis (16/2/2017) pukul 02.00 dini hari oleh aparat polisi Malaysia. Pada hari Rabu, polisi Malaysia menangkap tersangka pertama yang menggunakan paspor Vietnam atas nama Doan Thi Huong.

Beberapa jam setelah penangkapan tersangka pemegang paspor Indonesia, Kepala Polisi Negara Bagian Selangor, Abdul Samah, mengungkapkan bahwa kedua tersangka atas nama Siti Aishah dan Doan Thi Huong akan diadili.

Pejabat senior polisi Malaysia Mohamad Fauzi Harun juga menduga para tersangka sebagai agen mata-mata asing. “Kami memiliki alasan untuk percaya bahwa ini mungkin pekerjaan agen-agen asing. Ada pasti individu lain yang terlibat, selain dari dua penyerang ini,” katanya, seperti dikutip IB Times.

Kim Jong-nam (45), kakak tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un, sebelumnya dilaporkan dibunuh oleh dua wanita dengan racun di Bandara Internasional Kuala Lumpur pada hari Senin lalu. Korban dibunuh sekitar pukul 09.00 saat menunggu penerbangan ke Macau, China.

Sumber: Sindo/Victor Maulana

 

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *