Gubernur Buka Rapat Pimpinan Sinode Gereja di Wilayah Sulutteng

Manado, Pilarsulut.com – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey SE, didampingi Wakil gubernur (Wagub) Drs Steven OE Kandouw, dan Sekretaris provinsi (Sekprov) Edwin Silangen SE,MS, membuka rapat ketua-ketua Sinode gereja di wilayah Sulawesi Utara dan Tengah (SAG Sulutteng), bertempat di ruang rapat CJ Rantung kantor Gubernur Sulut, Rabu (25/01) kemarin.

Kegiatan ini dihadiri Sekjen SAG Sulutteng, Pdt Lamberty Mandagi MTeol, delapan ketua dari tiga belas pimpinan di provinsi Sulut dan Sulawesi Tengah.

Dalam kesempatan itu, gubernur memberikan apresiasi akan sinergitas dan  semangat Trilogi Relasi yakni; hubungan antar sesama gereja, intensitas komunikasi dengan golongan agama lainnya, maupun kemitraan dengan pemerintah.

“Terkait dengan fungsi dan peran gereja, saya mengajak untuk merasa peduli dan peka dengan persoalan bangsa, juga turut mengambil bagian dalam eksistensinya melihat pergumulan dan kondisi negara dewasa ini guna menjadi pergumulan bersama dan refleksi perenungan dalam mengsikapinya secara proporsional dalam memberikan pemahaman kepada umat dan jemaat, akan kehidupan berbangsa dan bernegara, termasuk jeli dan cermat mengamati fenomena global akan perkembangan situasi di beberapa belahan dunia, termasuk kondisi sosial kemasyarakatan, baik nasional maupun regional,” kata gubernur dalam sambutannya.

Gubernur menyambut baik akan partisipasi dari peran positif kalangan gereja dalam mengsukseskan program pemerintah Sulut lewat gerakan OD-SK (Operasi Daerah-Selesaikan Kemiskinan) demi kesejahteraan umat dan masyarakat, sebagaimana program pemerintah RI yakni Nawacita.

Gubernur juga mengungkapkan bahwa dekat-dekat ini provinsi Sulut akan menjadi tuan rumah perayaan paskah Nnsional dan internasional.

Diakhir penyampaiannya, Gubernur menghimbau kepada kalangan gereja agar turut serta menggelorakan kembali nilai-nilai ideologi bangsa sebagaimana yang terkandung dalam ideologi pancasila, UUD 1945 sebagai dasar negara, landasan Konstitusi NKRI dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan pemersatu bangsa. (*)

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Bukan Hanya SMK Icthus yang Ditutup, Gubernur Olly: Sudah 8 Sekolah Bermasalah yang Ditutup

Manado, PilarSulut.com – Terkait penutupan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Icthus di Kota Manado oleh pee …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *