Ditipu ISIS, Ribuan Muslim Checnya Bakar Foto al-Baghdadi

Internasional, Pilarsulut.com – Ribuan warga Muslim Chechnya melakukan aksi protes massal dan menghujat kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) dengan menyebutnya sebagai kelompok penipu. Mereka membakar foto pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi di dekat Masjid di Grozny.

Aksi tersebut digelar hari Minggu, namun baru dilaporkan sejumlah media hari ini (10/1/2017). Mereka yang ikut protes massal adalah kerabat dari orang-orang yang direkrut ISIS, serta mantan anggota ISIS yang merasa telah tertipu oleh doktrin kelompok radikal di Timur Tengah itu.

Para demonstran mendesak seluruh warga Chechnya untuk tidak terpengaruh oleh propaganda jihad yang diluncurkan ISIS karena praktiknya menyimpang dari ajaran agama.

Said Mazhaev, yang sempat ikut beperang untuk ISIS selama tujuh bulan dengan saudaranya yang terbunuh, merasa sudah tertipu oleh ISIS. Menurutnya, “sangat keliru” untuk bergabung dengan kelompok radikal itu. Mazhaev yang menyesal kini merasa harus menebus kesalahannya.

”Saya bisa pergi ke tempat lain. Saya memutuskan untuk datang kembali ke rumah untuk membayar kesalahan saya,” kata Mazhaev.

”Saya bekerja dengan organisasi publik untuk menjelaskan kepada anak-anak muda yang hanya terbujuk oleh kebohongan dan penipuan ISIS, kelompok yang hanya mencoba untuk memecah belah kami, sehingga kami akan saling membunuh satu sama lain,” ujar Mazhaev, seperti dikutip Russia Today.

Protes massal di Ibu Kota Chechnya diramaikan dengan membakar simbol dan foto pemimpin ISIS, Abu Bakr al-Baghdadi.

Dinas Keamanan Federal (FSB) Rusia menyebut, jumlah warga Rusia yang bergabung dengan ISIS di Suriah dan Irak mencapai sekitar 3.000 orang. Kelompok radikal itu merekrut anak-anak muda dari wilayah-wilayah komunitas Muslim seperti Chechnya dan Dagestan.

Pada pertengahan Desember 2016, ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan bersenjata terhadap polisi di Grozny. Setidaknya satu petugas polisi tewas, sementara tujuh penyerang dibunuh selama operasi khusus yang dilakukan oleh pasukan keamanan Rusia.

Sumber: Sindo/Muhaimin

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Sejumlah Nama OPD Dan Bagian Di Pemkot Kotamobagu Diubah

Kotamobagu,PilarSulut.Com – Merujuk pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 5 tahun 2017 tentang Pedoman …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *