Wagub Ingatkan Sangadi se BMR Soal Pengelolaan DanDes

Kotamobagu, Pilarsulut.com – Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Utara (Sulut) Drs Steven Kandouw membuka rapat koordinasi dan evaluasi Dana Desa (DanDes) bertempat di Hotel Sutan Raja Kota Kotamobagu, Rabu (07/12).

Dalam sambutannya, Wagub mengatakan supaya mempergunakan DanDes sesuai dengan peruntukannya, karena desa adalah ujung tombak pembangunan di daerah.

Mengingat kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) masuk kategori fiskal indeks pembangunan manusia paling rendah dibanding dengan kabupaten/kota pemekaran di bumi Totabuan.

“Sudah menjadi tekad bapak Gubernur bagaimana mensejahterahkan masyarakat Bolmong, meningkatkan potensi SDM dan merebut kejayaannya seperti dulu, pemanfaatan DanDes itu harus betul-betul efektif dan berkelanjutan,” ujar Wagub.

“Bagaimana desa mencari formula atau cara untuk  untuk mendapatkan/meningkatkan PAD, untuk itu harus melibatkan semua seperti tokoh agama, masyarakat dan semua elemen yang ada untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bolmong,” tambah Wagub.

Wagub juga menghimbau kepada para kepala desa (Sangadi) agar jangan pernah berpikir untuk menyalahgunakan DanDes “Lebih baik  tidur enak daripada makan enak,” imbuh Wagub.

Dalam kesempatan itu, Wagub juga mengingatkan untuk mensukseskan Pilkada di kabupaten Bolaang Mongondow.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Ruddy Mokoginta SE.M.TP  melaporkan maksud dan tujuan rapat ini menjadi wadah sinkronisasi  dan senergitas pemerintah sebagai penerima manfaat  guna optimalisasi dana desa tahun 2016, sharing informasi meningkatkan peran pemerintah memantapkan dan memperkuat komitmen membangun desa melalui fasilitas dalam bentuk program dan dukungan dana yang memadai.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala BPKP Perwakilan Sulut, Sihar Pandjaitan, dan pejabat esolon II di lingkup Pemerintah Provinsi dan kabupaten Bolaang Mongondow. (PS)

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Bukan Hanya SMK Icthus yang Ditutup, Gubernur Olly: Sudah 8 Sekolah Bermasalah yang Ditutup

Manado, PilarSulut.com – Terkait penutupan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Icthus di Kota Manado oleh pee …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *