Banner Bawah Utama

Pemkab Bolmut Gelar Upacara Peringati Hari Bela Negara ke-68

Pemkab Bolmut Gelar Upacara Peringati Hari Bela Negara ke-68

Bolmut, Pilarsulut.com – Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), menggelar upacara peringatan Gerakan Nasional Bela Negara ke-68 Tahun 2016 yang bertempat di halaman Kantor Bupati, Senin (19/12).

Upacara tersebut dipimpin oleh Wakil Bupati (Wabup) Bolmut, Suriansyah Korompot, SH. Dalam kesempatan itu, Wabup menyampaikan sambutan Presiden RI Joko Widodo. “Pada momentum peringatan hari Bela Negara Tahun ini, saya ingin mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk belajar dari sejarah perjuangan bangsa. Di mana Republik Indonesia berdiri tegak sebagai Bangsa berdaulat yang tidak lepas dari semangat Bela Negara dari seluruh kekuatan rakyat,” kata Wabup mengutip sambutan Presiden Jokowi.

Ditambahkannya, “Membela Negara tidak hanya dilakukan dengan kekuatan senjata, tetapi juga dilakukan oleh setiap warga Negara dengan kesadarannya melalui upaya-upaya politik maupun diplomasi. Tercatat ketika 68 Tahun lalu, tepatnya 19 Desember 1948, atas prakarsa Mr. Sjarifoeddin Prawiranegara dibentuk Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) di Sumatrera Barat,” tambahnya.

Langkah tersebut merupakan salah satu upaya untuk menyelamatkan kelangsungan hidup Negara sekaligus menunjukkan kepada dunia bahwa Negara Republik Indonesia masih eksis. Nilai-nilai heroik itu yang perlu terus kita aktualisasikan melalui berbagai Karya Nyata dalam hidup berbangsa dan bernegara.

“Saat ini tantangan dan ancaman terhadap kedaulatan Bangsa tidak hanya bersifat konvensional atau fisik semata, tapi sudah berkembang menjadi multidimensi karena karakter ancaman dapat bersumber dari Ideologi, Politik, Ekonomi dan sosial budaya. Sehingga Bela Negara dalam konteks kekinian memiliki cakupan yang luas,” ujar Wabup mengutip sambutan Jokowi.

Kesadaran Bela Negara sangat penting untuk ditanamkan sebagai landasan sikap dan perilaku Bangsa Indonesia. Hal ini merupakan bentuk Revolusi mental sekaligus untuk membangun daya tangkal Bangsa dalam menghadapi kompleksitas dinamika ancaman sekaligus untuk mewujudkan ketahanan Nasional yang dapat diaktualisasikan dalam peran dan profesi setiap warga Negara masing-masing.

Presiden RI menegaskan bahwa tantangan besar dalam sejarah adalah bagaimana mempertahankan kelangsungan hidup kita sebagai Bangsa yang berdaulat di bidang Politik, Berdikari di Bidang Ekonomi serta berkepribadian dalam bidang Kebudayaan. Dan juga mengingatkan bahwa tugas sejarah kita adalah membela Negara ini dari Kemiskinan, Keterbelakangan, Kebodohan dan ketergantungan.

Dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Bolmut secara simbolis menyerahkan kunci Kendaraan Transportasi Pedesaan kepada Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bolmut. Diketahui kenderaan tersebut berasal dari Dana Alokasi Khusus Kementerian Dalam Negeri RI Tahun 2016.

Turut hadir dalam upacara ini, Sekretaris Daerah Bolmut Dr. Asripan Nani, M.Si, Pimpinan Bank BNI KCP Boroko, Para Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati, Pimpinan SKPD, Pejabat TNI/POLRI, Para Camat dan Sangadi serta Jajaran ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bolmut. (PS)

 

 

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *