Banner Bawah Utama

Partai di AS Minta Israel Hormati Resolusi DK PBB

Partai di AS Minta Israel Hormati Resolusi DK PBB

Internasional, Pilarsulut.com – Partai Hijau Amerika Serikat (AS) meminta Israel untuk menghormati resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB terkait dengan permukiman ilegal. Partai ketiga di AS itu juga meminta Israel memikirkan ulang sikap mereka terhadap PBB.

“Sangat penting bagi Israel untuk menghormati aspirasi umum dari masyarakat internasional Seperti China katakan, ini bukan merupakan penolakan hak Israel untuk eksis dalam batas aman, tetapi hanya kritik dari kebijakan yang menghalangi proses perdamaian. Atau seperti yang dikatakan Inggris, mereka mendukung resolusi karena itu dalam kepentingan terbaik dari kedua belah pihak yang terlibat konflik,” kata Juru bicara Partai Hijau, Kennedy Graham.

Graham menuturkan, resolusi ini bila disikapi dengan dewasa bisa menjadi pendorong upaya damai antara Israel dan Palestina yang sudah terkatung-katung selama puluhan tahun.

“Resolusi 2234 merupakan langkah bersejarah, yang jika ditangani dengan kepemimpinan yang matang oleh semua pihak dalam konflik Timur Tengah, bisa memfasilitasi terobosan dalam kebuntuan yang telah menggagalkan kemajuan dalam proses perdamaian selama puluhan tahun,” ucap Graham.

“Para sponsor, termasuk Pemerintah Selandia Baru harus diberi selamat atas visi dan ketekunan mereka untuk bisa meloloskan resolusi ini, begitu juga dengan AS yang tidak menggunakan hak vetonya,” sambungnya, seperti dilansir scoop pada Senin (26/12).

Dia menambahkan, posisi AS saat ini mengingatkan apa yang dilakukan oleh mantan Presiden Ronald Reagan pada awal tahun 1980. Dimana, kala itu Reagan meminta pembekuan permukiman sebagai syarat dari pembicaraan damai antara Israel dan Palestina.

Sumber: Sindo

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *