Banner Bawah Utama

Netanyahu Tuding Obama Aktor di Balik Resolusi DK PBB

Netanyahu Tuding Obama Aktor di Balik Resolusi DK PBB

Internasional, Pilarsulut.com – Perdana Menteri (PM) Israel, Benjamin Netanyahu, menuduh Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama sebagai pihak yang mensponsori resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB soal permukiman Israel. Resolusi itu disepakati pada akhir pekan kemarin.

Pemungutan suara resolusi itu pada awalnya hampir saja batal, setelah Mesir, sebagai pihak pertama yang mengajukan dokumen resolusi mengulur-ngulur waktu. Namun, resolusi itu akhirnya diajukan oleh Selandia Baru, Senegal, Malaysia, dan Venezuela.

Netanyahu meyakini, Obama adalah sosok yang mendukung keempat negara tersebut untuk mengajukan dokumen resolusi itu dalam sidang DK PBB. Resolusi itu akhirnya disepakati setelah 14 negara setuju, dan satu abstain, yang tidak lain adalah AS.

“Menurut informasi kami, kami tidak ragu pemerintahan Obama memulai (resolusi) itu, berdiri di belakangnya, mengkoordinasikan kata-kata dan menuntut itu diteruskan,” kata Netanyahu dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Senin (26/12).

Sementara itu, Netanyahu dilaporkan telah memanggil Duta Besar AS untuk Israel guna membahas sikap abstain dalam resolusi DK yang menuntut diakhirinya pembangunan permukiman.

Secara terpisah, utusan dari 10 negara anggota DK PBB lainnya dipanggil Kementerian Luar Negeri Israel, kemarin. Ke-10 negara itu adalah Inggris, China, Rusia, Perancis, Mesir, Jepang, Uruguay, Spanyol, Ukraina dan Selandia Baru. Malaysia tidak dipanggil karena sama halnya dengan Indonesia, Kuala Lumpur tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Tel Aviv.

Sumber: Sindo

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *