Jutaan Batang Rokok Ilegal Dimusnahkan Petugas Bea Cukai Manado

Manado, Pilarsulut.com – Sebanyak 3.041.444 batang rokok yang termasuk Barang Kena Cukai Hasil Tembakau dimusnahkan Kantor Bea dan Cukai Manado, provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Kamis (29/12/2016).

Barang hasil sitaan yang dimusnahkan itu setara dengan nilai Rp 2,6 miliar dengan kerugian negara ditaksir sebesar Rp 1,2 miliar.

Kepala Bea dan Cukai Manado, Abdul Rasyid menjelaskan, masyarakat yang mengonsumsi rokok produk ilegal akan merugikan negara dan mengganggu kesehatan.

“Kita pihak Bea Cukai Manado terus menerus bekerja sama dengan aparat terkait TNI, Polri untuk memberantas produk ilegal yang beredar di Sulut,” jelas Rasyid saat pemusnahan.

Rincian barang yang dimusnahkan di antaranya 1.4 juta batang rokok yang tidak dilekati pita cukai. Nilai barang dari penindakan adalah sebesar Rp 841 juta dengan potensi kerugian negara apabila barang ini beredar sebesar Rp 379 juta.

Lalu 1,1 juta batang rokok yang menggunakan pita cukai palsu. Nilai barang dari penindakan ini adalah sebesar Rp 673 juta dengan potensi kerugian negara apabila barang ini beredar sebesar Rp 342 juta.

Kemudian ada 800.000 batang rokok yang menggunakan pita cukai bekas, dengan nilai barang penindakan sebesar Rp 632 juta dengan potensi kerugian negara sebesar Rp 286 juta.

Sementara 333.000 batang yang menggunakan pita cukai salah peruntukan. Nilai barang penindakan ini sebesar Rp 196 juta dengan potensi kerugian negara sebesar Rp 88 juta.

Ada pula 477.000 batang rokok yang menggunakan pita cukai yang tidak sesuai dengan jenis dan golongannya. Nilai barang penindakan sebesar Rp 280 juta dengan potensi kerugian negara apabila barang ini beredar sebesar Rp 126 juta.

Menurut Rasyid, pihak Bea Cukai selalu mencegah dan menjaga masyarakat untuk tidak mengonsumsi rokok ilegal. Para penjual juga diimbau agar tidak menjual produk rokok ilegal.

“Kita pihak Bea Cukai membuat dan menempel stiker imbauan agar tidak menjual dan mengonsumsi barang-barang ilegal,” ujar Rasyid.

Menurut Rasyid, dibandingkan tahun lalu, rokok ilegal sudah banyak terjadi penurunan. Masyarakat sudah mulai sadar tidak menjual dan mengonsumsi rokok ilegal.

“Tahun 2016 penerimaan negara dari Bea Cukai mencapai sekitar Rp 5,4 miliar,” pungkas Rasyid.

Sumber: Kompas

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Soal CJH Makassar di Manado, Ini Penjelasan Kemenag Kota Manado

Kepala Kementerian Agama Kota Manado, Irwan Musa /ist Manado, PilarSulut.com – Pemberitaan yang marak diberbagai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *