Banner Bawah Utama

Air Sungai Meluap, Dua Desa di Gorut Terendam Banjir

Air Sungai Meluap, Dua Desa di Gorut Terendam Banjir

Gorontalo, Pilarsulut.com – Ratusan rumah terendam banjir akibat meluapnya dua sungai di dua desa di Kecamatan Monano, Gorontalo Utara (Gorut), yakni desa Tudi dan desa Polohulata.

Air banjir berasal dari Sungai Mongkonou dan Koiyo yang meluap. Karena debit air yang terlalu besar berasal dari hulu, Sungai tidak dapat menampung, dan akibtanya terjadilah banjir.

“Sebanyak  237 kepala keluarga menjadi korban banjir di kedua desa tersebut. Mereka  terpaksa mengungsikan barang-barang berharganya ke tempat yang lebih aman,” kata Ramli Rahman, staf Balai Wilayah Sungai 2 Sulawesi yang ada di lokasi, Rabu (21/12/2016).

Ramli menambahkan, ketinggian air di dalam rumah warga sempat mencapai 50 sentimeter, namun pagi ini air sudah menyurut. Warga sejak pagi sudah mulai membersihkan rumah dari endapan lumpur dan kotoran lainnya.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Gorontalo sejak kemarin mengingatkan adanya potensi hujan sedang hingga lebat di kawasan Gorontalo Utara, terutama daerah kecamatan Anggrek dan Kwandang.

“Wilayah Gorontalo Utara masih terjadi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang,” kata Fatuhri Syabani, Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Gorontalo.

Sumber: Kompas

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *