Preview Laga Thailand vs Indonesia di Piala AFF 2016

Preview Laga Thailand vs Indonesia di Piala AFF 2016

Filipina, Pilarsulut.com – Indonesia memulai petualangannya di Piala AFF 2016 dengan menghadapi Thailand di Stadion Olahraga Filipina, Bocaue, Sabtu (19/11/2016). Langsung dihadang juara bertahan turnamen, Skuat Garuda berjanji bakal berikan perlawanan guna memuluskan langkah ke fase berikutnya.

Indonesia tergabung di Grup A bersama Thailand, Singapura, dan tuan rumah Filipina. Laga perdana nan berat langsung dirasakan Evan Dimas dkk saat melawan Thailand, juara Piala AFF edisi 2014 yang disiarkan langsung RCTI pada pukul 15.30 WIB.

Jika menilik prestasi, jelas Indonesia kurang diunggulkan ketimbang Thailand. Tim besutan Kiatisuk Senamuang tercatat sebagai tim pemilik empat gelar Piala AFF yang mereka raih pada 1996, 2000, 2002, dan terakhir 2014.

Berbanding terbalik dengan Indonesia, Skuat Merah Putih -sebutan lain Timnas Indonesia- seolah menelan kutukan tak pernah juara di Piala AFF. Dari empat kali kesempatan menembus final, semuanya berakhir dengan kekalahan alias hanya membawa pulang gelar runner up di tahun 2000, 2002, 2004, dan 2010.

Namun bukan berarti pertandingan nanti praktis jadi milik Thailand. Kemenangan bukan hal mustahil diraih Indonesia, sebab mereka bisa merebutnya di pertemuan terakhirnya 2010 lalu.

Terlebih, ajang Piala AFF 2016 bakal jadi momentum kebangkitan Indonesia setelah mengalami pembekuan tahun lalu. Dengan berbagai penyegaran di tubuh Timnas, semangat membuncah jelas menyelimuti skuat yang kembali ditangani Alfred Riedl.

Striker Boaz Solossa mengatakan, Indonesia sudah sangat siap menghadapi Thailand. Meski lawan berstatus kandidat juara, hal tersebut tak mengendurkan semangat bertarung rekan-rekannya.

“Thailand tim yang bagus. Mereka memang favorit juara di Piala AFF ini, tapi kami tidak gentar dan siap berikan perlawanan. Kami sudah tahu gaya permainannya,” tutur striker Persipura Jayapura tersebut.

Persiapan pun sudah dilakukan Indonesia. Empat pertandingan uji coba mereka lahap yang hasilnya sekali menang, dua kali imbang, dan kalah sekali. Sementara Thailand yang fokusnya terpecah untuk berlaga di Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Asia, belum sekalipun merebut kemenangan dari empat pertandingan yang sudah dilakoninya.

Rekor pertemuan tak terlalu buruk, plus persiapan yang matang membuat Indonesia tinggal butuh dukungan masyarakat Tanah Air. Hal itu pula yang ditekankan Andik Vermansyah jelang menghadapi Thailand.

“Persiapan sudah oke semua, Insya Allah kami bisa meladeni permainan Thailand. Mohon doa dan dukungannya kepada seluruh warga Indonesia. Di laga perdana nanti, kami ingin main tanpa beban dan lepas. Semoga kami bisa meraih kemenangan,” pinta Andik.

Berikut Prakiraan Susunan Pemain
Thailand (4-4-3):
Thamstchanan, Bunmathan, Narmwiset, Do, Thaweekarn, Songkrasin, Anan, Chappuis, Weerawatnodom, Kesarat, Dangda.

Indonesia (4-4-2)
: Andritany, Benny, Fachruddin, Yanto Basna, Abdul Rachman, Evan Dimas, Lilipaly, Andik, Zulham, Ferdinand, Boaz

Tiga Pertemuan Terakhir
Piala AFF 7 Desember 2010: Indonesia 2-1 Thailand
Piala AFF 20 Desember 2008: Thailand 2-1 Indonesia
Piala AFF 16 Desember 2008: Indonesia 0-1 Thailand

Sumber: Sindo

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *