Polres Minahasa Giatkan Operasi Zebra 2016, Puluhan Pelanggar Terjaring Razia

Tondano, Pilarsulut.com – Satuan Lalu lintas (Satlantas) Polres Minahasa terus menggiatkan Operasi Zebra Samrat 2016. Operasi yang dilakukan bersama dengan Dishubkominfo Minahasa sambil hunting, mengambil jalur di seputaran danau Tondano, Sabtu (19/11).

Pada operasi kali ini, tim Satlantas Polres Minahasa menjaring 35 pelanggar lalu lintas, dan menahan 21 kendaraan bermotor.

“Kebanyakan pelanggarannya tidak pakai helm dan saat diperiksa tidak ada surat-surat,” jelas KBO Lantas, Iptu Ayon Suparyono.

Dari sejumlah pelanggar lalu lintas yang kena razia, ternyata ada juga anak di bawah umur yang terjaring operasi. “Ada sejumlah anak-anak di bawah umur yang mengendarai motor bonceng tiga, tidak pakai helm, sangat berbahaya, saat petugas menghentikan kendaraannya, mereka malah menangis,” jelas Suparyono.

Walaupun pelanggar masih tergolong di bawah umur, petugas tetap mengambil tindakan tegas, motornya dibawa ke Mapolres Minahasa, dan orang tua anak-anak tersebut diminta datang untuk mengurus kendaraan tersebut.

“Ini kesalahan orang tua, mengapa mereka mengizinkan anak di bawah umur mengendarari kendaraan, kalau terjadi kecelakaan siapa yang akan bertanggungjawab,” jelas dia.

Sementara pada operasi malam hari di wilayah Tataaran, mereka mendapatkan 25 pelanggar dan menahan 15 kendaraan yang tidak dilengkapi dengan surat-surat.

“Banyak yang gunakan knalpot racing atau tidak miliki SIM dan sangat fatal apabila tidak ada izin mengemudi, juga knalpor racing kalau malam minggu begini rentan terjadinya kriminalitas,” jelas Kasat Lantas Polres Minahasa, AKP Ferdinan Runtu.

Namun operasi malam hari tersebut mereka bekerjasama dengan Dinkes Minahasa untuk melakukan deteksi alkohol kepada beberapa pengemudi dan pengendara.

Namun belum didapati kendaraan ada pengemudi yang mengonsumsi minuman keras.”Kami ingin menekan angka kecelakaan, dengan melakukan tes urine, sebab biasanya banyak kecelakaan terjadi lantaran pengemudi atau pengendara mabuk,” jelas Kasat Lantas Polres Minahasa.

Tes urine sudah dilaksanakan terhadap pengemudi angkutan umum, pribadi ,dan truk juga pengendara motor.”Kita sudah ujicoba tidak ditemukan, dan  kami berterimakasih kepada Dinkes yang sudah membantu menggunakan alat detektor alkohol,” jelasnya. (*)

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Gubernur Olly Safari Ramadhan serta Buka Puasa Bersama Muslim Langowan

Manado, PilarSulut.com – Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey melakukan Safari Ramadhan dan buka puasa bersama …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *