Kopi Kotamobagu Dilirik Distributor Kopi Asal Ukraina, Walikota Lakukan Perhitungan Jumlah Produksi

Kotamobagu,PilarSulut.com – Daya tarik Kopi yang dibudidayakan oleh warga Kotamobagu, nampaknya makin menarik perhatian dari berbagai penjuru. Bukan hanya Belanda dan Belgia saja yang melirik Kopi Kotamobagu,namun yang terakhir Distributor kopi asal Ukraina tertarik dengan cita rasa Kopi Kotamobagu.

Walikota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara sendiri saat dimintai tanggapanya, terkait mulai diriknya kopi Kotamobagu serta adanya permintaan, mengaku masih akan melakukan perhitungan kembali jumlah produksi kopi.

“Kita masih akan melakukan perhitungan kembali, berapa jumlah produksi kopi kita. Sehingga kita tidak kewalahan dalam memenuhi kebutuhan mereka. Yang pasti bila berbicara eksport pasti dalam jumlah besar,”Kata Walikota.

Disamping itu kata Walikota pihaknya dalam beberapa waktu kedepan, mulai melakukan rapat besar, menyangkut tahun investasi 2017 mendatang. Nantinya dalam rapat tersebut akan dibahas peluang serta tantangan investasi.

“Tahun 2017 adalah tahun investasi, yang tentunya setiap peluang dan tantangan sudah harus kita bahas, termasuk juga permintaan kopi tersebut. Itu peluang sekaligus juga tantangan bagi kita. Disamping itu akan ada pembukaan jalan perkebunan kopi dengan nilai Rp 24 Miliar,”Terang Walikota.

Perlu diketahui, Sebelumnya pusat Penelitian ICCRI menyatakan bahwa, kualitas Kopi Kotamobagu ternyata bukanlah Robusta, sebagaimana sertifikat pertanian organik yang diperoleh dari Kementerian Pertanian RI pada November Tahun 2015 lalu.

Sehingga dalam sertifikat yang dikeluarkan pusat penelitian kopi dan kakao RI tanggal 14 September 2016, menyatakan kopi Kotamobagu beraroma Arabika, bukan Robusta. (Abdi)

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Bukan Hanya SMK Icthus yang Ditutup, Gubernur Olly: Sudah 8 Sekolah Bermasalah yang Ditutup

Manado, PilarSulut.com – Terkait penutupan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Icthus di Kota Manado oleh pee …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *