Banner Bawah Utama

Kotamobagu Bakal Miliki Layanan Emergency 112, Desember Nanti Launching

Kotamobagu Bakal Miliki Layanan Emergency 112, Desember Nanti Launching

Kotamobagu,PilarSulut.com – Kotamobagu masuk bersama 25 Daerah lainnya di Indonesia masuk dalam pelaksana program layanan telepon darurat 112 yang digagas oleh Kementerian Komunikasi dan Informasih. Informasih ini disampaikan oleh Kepala Dishubbuparkominfo Muh Agung Adati.

“Di Amerika dikenal dengan namanya 911, sedangkan di Indonesia 112, yang di siapkan oleh Kemenkominfo. Telah disiapkan sejak tahun 2015, tetapi waktu itu baru 10 Daerah, dan tahun bertambah 26 Daerah termasuk Kotamobagu,”Kata Agung.

Masuknya Kotamobagu dalam 26 pelaksana layanan 112, ini berdasarakan surat yang disampaikan oleh Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) atas tindak lanjut dari surat permohonan yang dikirimkan Walikota beberapa waktu yang lalu.

Diketahui surat yang bernomor 2674/KOMINFO/DJPPI/KS.O1.O3/08/2016 tertanggal 22 Agustus 2016 disebutan bahwa permohonan Walikota menyangkut emergency call 112 dalam proses pengadaan di e – catalog LKPP tahun 2016.

Sedangkan untuk persiapan menurut Agung Adati pihaknya telah siap bila alat – alat layanan emergency call diserahkan “Kami telah menyiapkan gedung untuk peralatan layanan 112,” sedangkan terkait dengan jumlah anggaran dari perangkat layanan tersebut kata agung semuanya melalui APBN “Anggaranya melalui APBN, termasuk dengan SDM dan operator yang akan bertugas menjalankan layanan untuk 1 x 24 jam,”Terang Agung.

Saat ditanyakan kapan layanan ini dapat digunakan instansi dan masyarakat Kotamobagu, menurut Agung “Layanan ini mulai beroperasi bulan Desember nanti, disamping itu pihaknya akan melakukan kordinasi dengan instansi terkait yang berkepentingan dengan layanan ini untuk dijadikan satu nomor layanan darurat,”Tutup Agung.

Adapun Kota/Kabupaten yang masuk dalam pelaksan layana emergency call 112 antara lain, Kota Pekalongan,Kota Blitar, Pontianak, Kota batu, Kab Cirebon, Kab Banyuwangi, Kota Langsa, Tasikmalaya, Cimahi, Kab Bandung, Kota Probolinggo, Kotamobagu,  Kota Bima, Kab Raja Ampat, Kab Belitung Timur, Kab Belitung, Kab Karo, Kab Purbalingga, Kab Karanganyar, Kab Sleman, Kota Kediri, Kota Bontang, Kota Bandar Lampung, Kota Salatiga, dan Kota Prabumulia. (Abdi)

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *