Kepala Dinkes Bolmut, Jusnan Mokoginta (Ist)

Masuki Musum Hujan, Dinkes Ingatkan Masyarakat Waspadai DBD

Bolmut, Pilarsulut.com – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) kabupaten Bolmong Utara (Bolmut), Jusnan Mokoginta, mengingatkan agar masyarakat perlu mewaspadai musim penghujan yang berpotensi memicu demam berdarah.

“Musim penghujan merupakan salah satu pemicu peningkatan terjadinya DBD. Adanya genangan air yang menjadi wadah perkembangbiakan nyamuk yang berpotensi menularkan DBD,” jelasnya Rabu (18/05).

Ia mengatakan wabah DBD merupakan siklus lima tahunan dan lonjakan DBD terakhir di sini kian membuat warga was-was ketika musim hujan datang.

“Saya mengimbau masyarakat, apabila sudah mendapatkan penyuluhan dari petugas medis, sesampai di rumah harus dipraktekkan, arahan-arahan bagaimana cara penanggulangan DBD,” katanya.

Masyarakat juga diminta harus mengetahui gejala dini penyakit demam berdarah, agar bisa segera ditangani secara medis oleh petugas kesehatan.

“Masyarakat harus peka, apabila telah ada tanda tersebut, langsung diperiksakan ke puskesmas untuk dicek darah. Pertolongan pertama di rumah, penderita harus selalu diberikan cairan atau harus banyak minum air putih,” katanya. (Amad/Eby)

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Jelang Tahun Baru, Pedangan Terompet Mulai Marak di Kotamobagu

Kotamobagu,PilarSulut.Com – Pedagang terompet dan petasan di Kota Kotamobagu, mulai marak menjelang pesta pergantian tahun …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *