Content on this page requires a newer version of Adobe Flash Player.

Get Adobe Flash player

Jumat, 27 Februari 2015  12:46:57 WITA

Site Search

Candi Gunung Gangsir

    Candi Gunung Gansir/Google Image

Tanggal publikasi: Senin, 2 Juni 2015  Jam : 06:30:25       Dibaca: 713 kali

PilarSulut.com - Candi Gunung Gangsir adalah sebuah candi yang terletak di Dukuh Kebon Candi, Desa Gunung Gangsir, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Nama candi ini masih merupakan mitos penduduk sekitar, yaitu bahwa nama 'gunung' diambil dari keberadaan bangunan candi ini pada masa lampau yang dilingkupi oleh gunung. Sedangkan kata gangsir (Jawa: nggangsir) berarti menggali lubang di bawah permukaan tanah.

Menurut keterangan penduduk, nama ini muncul ketika pada suatu saat ada seseorang yang berusaha 'menggangsir' gunung ini untuk mencuri benda-benda berharga di dalam bangunan candi ini. Maka dikenallah bangunan candi ini dengan nama Candi Gunung Gangsir.

Bangunan candi yang terbentuk terbuat dari batu bata ini, memiliki 4 lantai, dengan dua lantai dasar yang merupakan tubuh dan atap candi yang sebenarnya. Denah lantai dasar merupakan segi empat dengan sebuah tonjolan pada sisi timur, berlawanan arah dengan keletakan tangga. Denah tubuh dan atap candi juga segi empat, tetapi pada bagian ini keempat sisi dinding tubuh candi memiliki sebuah bidang tonjolan yang ramping.
Kondisi Candi Sekarang

Sekarang kondisi candi berupa runtuhan, dan hampir semua sudut pada lantai-lantai dalam keadaan rusak, begitu juga pada bagian-bagian yang horisontal, tempat bertemunya lantai-lantai tersebut, sedangkan bagian puncak candi telah hilang. Akibat kerusakan ini, bangunan candi Gunung Gangsir tampak seperti bentuk piramida yang telah terpotong bagian atapnya. (ss)

Sumber : wikipedia

Berita Terkait

Silangen: Masyarakat Jangan Membuang Sampah di Ringroad
27 Februari 2007 : Istano Basa Mengalami Kebakaran Hebat Akibat Petir yang Menyambar di Puncak Istana
Situs Menggung Desa Nglurah
Ratna Listy "Gugat" Cerai Suami
Demian Tolak Minta Maaf ke Ki Kusumo


Nama : FB/Twitter :