Sabtu, 19 April 2014  10:30:00 WITA

Site Search

Gazebo Woloan, Berpotensi Geser Rumah Panggung

    Salah satu contoh Gazebo (istimewa)

Tanggal publikasi: Senin, 24 September 2014  Jam : 11:13:21       Dibaca: 915 kali

Tomohon, PilarSulut.com - Gazebo atau Rumah Mini yang biasa digunakan sebagai tempat santai dan istirahat keluarga menjadi alternatif produksi baru bagi para pengrajin Woloan Kota Tomohon.

Woloan memang telah dikenal sebagai daerah penghasil produksi Rumah Panggung. Para pengrajin Woloan kini tampaknya melihat peluang baru setelah satu unit Gazebo diekspor ke Belanda pada pertengahan September 2012.

"Kalau melihat potensi, memang sangat besar. Namun belum mampu untuk menggantikan produksi Rumah Panggung yang lebih dulu diproduksi," ungkap Alex (30) yang merupakan salah satu pengrajin asal Woloan.

Sementara itu Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulut, Hanny Wajong mengatakan adanya permintaan satu unit Gazebo dari Belanda merupakan langkah yang positif.

"Walaupun hanya satu, namun permintaan tersebut merupakan langkah positif dan berpotensial sebagai alternatif produksi baru bagi para pengrajin Woloan," kata Wajong seperti dikutip media bisnis lokal pekan lalu.

Menurut Wajong, harga untuk satu unit Gazebo di Belanda berkisar hingga 8.500 dolar AS atau seharga Rp 81 juta. Harga ini dua hingga tiga kali lebih tinggi dibanding dengan harga yang berlaku untuk jenis rumah yang sama di pasaran Manado dan sekitarnya.

Dirinya juga menambahkan bisnis Rumah Panggung kembali menggeliat, menyusul adnya permintaan tinggi dari beberapa negara di Afrika.

"Terakhir pengiriman ke Dubai, Uni Emirat Arab, sebanyak tiga unit wooden house atau rumah panggung, sebelumnya ada permintaan dari Zambia dan negara lainnya," pungkas Wajong.


sumber : manado bisnis
editor   : tessalonika

Berita Terkait

Akibat Pemancingan Ilegal, RI Rugi Rp 100 T per Tahun
Utang Asing Indonesia Terus Meningkat Dianggap Wajar
Prabowo Bantah Perusahaannya Masih Berutang Rp14 T
Nilai Rupiah Menguat 31 Poin ke Posisi Rp11.404
Harga Jual Emas Stagnan di Rp494.000-Rp534


Nama : FB/Twitter :