Banner Bawah Utama

Tahun 2018 Pemkot Kotamobagu Upayakan Surplus Gabah Kering

Tahun 2018 Pemkot Kotamobagu Upayakan Surplus Gabah Kering

Kotamobagu,PilarSulut.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Dinas Pertanian, Perikanan dan Pertenakan (Dispertanak) tahun 2018 kembali menaikan target capaian gabah kering dari 26 ribu ton, naik jadi 27 ribu ton. Meskipun hasil akhir tahun 2017 tidak memenuhi target atau hanya berada pada posisi 21 ribu ton. Rabu (10/1/2018)

Adapun factor utama tidak terpenuhinya target pada tahun 2017 lebih disebabkan berkurangnya luas wilayah persawahan. Hal ini dibenarkan oleh Kepala Dispertanak, Muljadi Surotenojo saat ditemui awak media “Tahun ini kami mempunyai tugas besar memenuhi target 27 ribu ton gabah kering. Setelah tahun lalu belum bisa dicapai. Hal ini disebabkan luas persawahan mulai berkurang,”kata Mul.

Pihaknya pun telah mempersiapkan sejumlah langkah langkah, paling terpenting menurut Muljadi sosialisasi pencegahan alih fungsi lahan persawahan “Kami memiliki 29 tenaga penyuluh pertanian, nantinya mereka bukan hanya bertugas melakukan penyuluhan pertanian tapi mengalakan kesadaran masyarakat untuk tetap mempertahan area persawahan,”terangnya.

Disamping itu, pihaknya juga akan mensupport melalui pemberian bantuan pertanian berupa alat pertanian serta obat obatan “Kemarin Ibu Walikota baru menyerahkan bantuan pertanian, tahun ini juga kami sudah rencana memberikan bantuan pertanian. Langkah ini untuk mendorong petani agar bisa menghasilkan panen yang lebih banyak,”pungkasnya.

 

Penulis : Abdi F Sutomo

Komentar Facebook

komentar

About The Author

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *