Banner Bawah Utama

Keluar Negeri Tanpa Izin, Mendagri Berhentikan Sementara Bupati Sri Manalip

Keluar Negeri Tanpa Izin, Mendagri Berhentikan Sementara Bupati Sri Manalip

Manado, PilarSulut.com – Ulah Bupati Talaud Sri Wahyuni Manalip, SE yang bepergian ke luar negeri atau Amerika selama satu minggu tanpa ijin pimpinan akhirnya berhujung pada sanksi tegas kemeterian dalam negeri berupa pemberhentian sementara sebagai Bupati di salahsatu Kabupaten yang terletak di utara Indonesia ini.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) pub dengan tegas menerbitkan Surat Keputusan (SK) pemberhentian sementara kepada Bupati Sri Wahyumi Manalip berdasarkan surat keputusan Mendagri Nomor 131.71-17 Tahun 2018 tentang pemberhentian sementara Bupati Kepulauan Talaud Provinsi Sulut. Bahwa ketentuan pasal 76 ayat 1 huruf I dan huruf J UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah menegaskan bahwa Kepala Daerah dan atau Wakil Kepala Daerah yang melakukan perjalanan ke luar negeri atau tanpa izin sebagaimana dimaksud dalam pasal 76 ayat 1 huruf I dikenai sanksi pemberhentian sementara selama 3 bulan oleh Presiden untuk Gubernur dan atau Wakil Gubernur serta oleh Menteri untuk Bupati dan Wakil Bupati atau Walikota dan atau Walikota.

Dan juga berdasarkan Surat pernyataan Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sulut tanggal 12 Desember 2017 Sri Wahyumi Manalip melakukan perjalanan ke Amerika Serikat (20/1-13/11) tahun 2017 tanpa izin Mendagri.

Sehingga memutuskan dan menetapkan pertama memberhentikan sementara Sri Wahyumi Manalip dari jabatannya sebagai Bupati Talaud, masa jabatan Tahun 2014-2019 selama tiga bulan terhitung sejak tanggal ditetapkan.

Kedua menunjuk saudara Petrus Simon Tuange Wakil Bupati Talaud untuk melaksanakan tugas dan kewenangan Bupati Talaud, dan seterusnya.

Sementara itu, dikatakan Karo Pemerintah dan Otonomi Daerah Sulut Jemmy Kumendong, rencananya Jumat (12/01/2018) besok, surat tersebut akan diserahkan Gubernur ke Sri Wahyuni Manalip. (Khay)

 

Komentar Facebook

komentar

About The Author

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *