Banner Bawah Utama

Ini Yang Dilakukan Tim Pemburu Pajak Pemkot Kotamobagu Sehingga Capaian PAD Melebihi Target

Ini Yang Dilakukan Tim Pemburu Pajak Pemkot Kotamobagu Sehingga Capaian PAD Melebihi Target

Kotamobagu,PilarSulut.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu tahun 2017 telah menetapkan target Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebasar 52.905.342.262, jumlah ini dibagi kepada 11 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang mempunyai kewajiban menarik retribusi dan pajak Daerah.

PAD terbesar masih dikelola oleh UPTD Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kotamobagu, yang terbagi dalam dua objek pemasuk yaitu ; retribusi pelayanan RSUD, serta Dana Non Kapitasi JKN dengan target 22.994.878.200.

Sementara itu pengelola PAD terbesar kedua, berada pada Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) dengan besaran 16.449.543.149, angka ini terbagi dalam 10 objek pajak. Menurut Kepala Bidang Penagihan, Hamka Daun sejak awal pihaknya sangat optimis target PAD dapat dicapai “Berkat kerja sama antara Instansi yang mempunyai kewajiban PAD serta arahan dari pimpinan target tersebut bisa dicapai, bahkan lebih. Dari target Rp 52 Miliar capaian Rp 58 Miliar. Artinya ada kelebihan Rp 7 Miliar,”kata Hamka.

Hamka mengakui dari capaian PAD yang sangat memuaskan tersebut, ada sedikit kendala yang dialami oleh pihaknya, terlebih untuk penagihan pajak “Yang namanya penagihan tetap ada kendala, namun atas bantuan dari Sekretaris Kota dan Kepala Badan Kami yang sudah memberikan tambahan personel dan kendaraan sehingga kami bisa bekerja lebih maksimal lagi,”aku Hamka sembari menjelaskan, saat ini pihaknya khusus bidang penagihan pajak memiliki 8 personel dan 2 unit kendaraan operasional.

“Setelah ada penambahan personel, dan kendaraan operasional kami juga bekerja diluar jam kerja. Seperti hari Sabtu tim tetap bekerja. Mana objek pajak yang menunggak tetap kami kunjungi, dan itu dilakukan secara rutin,”jelasnya.

Penulis : Abdi F Sutomo

 

Komentar Facebook

komentar

About The Author

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *