Banner Bawah Utama

Pemkot Rencanakan Ukur Kembali Batas Antar Kelurahan Dan Desa

Pemkot Rencanakan Ukur Kembali Batas Antar Kelurahan Dan Desa

Kotamobagu,PilarSulut.com – Belum adanya batas pasti antara Kelurahan dan Desa di wilayah Kotamobagu, membuat Pemerintah Kotamobagu melalui Bagian Tata Praja Pemerintahan (Tapem) Sekretariat Daerah (Setda) Kotamobagu berencana melakukan pengkuran berdasarkan titik kordinat.

Hal ini dikatakan Kabag Tapem, Anas Tungkagi beberapa waktu lalu saat bersua dengan awak media disela sela rapat bersama Walikota Kotamobagu. Menurut sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 45 tahun 2016 tentang penegasan dan penetapan batas Desa dan Kelurahan.

“Saat ini tidak ada satu desa dan kelurahan yang memiliki batas berdasarkan aturan perundang undangan. Batas yang biasa kita lihat itu hanya berdasarakan sejarah bukan karena titik kordinat,”ucap Anas.

Namun, pihaknya juga tak memungkiri akan menjadikan sejarah desa dan kelurahan sebagai salah satu rujukan menentukan batas “Tetap sejarah akan jadi rujukan dalam penentuan batas,”katanya

Lebih lanjut, Anas menambahkan, penetapan batas berdasarkan aturan sangat penting bagi Desa yang mengelola Dana Desa (Dandes) “Biasa saja saat berhitungan luas wilayah ada yang berkurang dan bertambah, dan pastinya akan berdampak pada jumlah Dandes yang diterima,”tambah Anas.

Penulis : Abdi F Sutomo

Komentar Facebook

komentar

About The Author

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *