Banner Bawah Utama

Tahun 2018 Boroko Bakal Miliki Masjid Terbesar Di Bolmut

Tahun 2018 Boroko Bakal Miliki Masjid Terbesar Di Bolmut

PilarSulut.com, BOROKO – Tahun 2018 mendatang, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) rencananya bakal memiliki masjid besar dan megah, yang memiliki kapasitas jamaah hingga 3000 orang.

Masjid yang saat ini sedang dalam pengerjaan tahap pertama ini, merupakan pengganti dari Masjid Agung Baiturahman Boroko.

Konsultan Proyek Jemi Arifin, saat ditemui awak media di lokasi pembangunan Masjid Baiturahman itu, Selasa (10/10/2017) mengatakan, proyek masjid ini sudah berlangsung sejak bulan Juli 2017.

“Pengerjaan tahap pertama menghabiskan 150 hari kerja, terhitung dari bulan Juli hingga Desember 2017. Adapun luas bangunan ini 31 x 31 dengan daya tampung mencapai 3000 orang.” terangnya

Terkait keberadaan masjid lama, dia pun mengatakan jika kabarnya lokasi tersebut akan dijadikan rest area atau kawasan peristirahatan.

“Kami belum tahu pasti tentang alih fungsi masjid lama itu, hanya saja kabarnya akan dijadikan lokasi peristirahatan (rest area). Dan tentunya masjid lama itu akan dibongkar, karena tidak mungkin dalam satu lokasi berdekatan terdapat dua masjid besar.” ungkap Arifin

Terpisah, Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan Masjid Baiturahman pada Dinas Pekerjaan Umum, Saiful Syamsudin, yang ditemui diruang kerjanya mengatakan, berdasarkan rancangan pekerjaan, masjid baru ini tetap menggunakan nama lama yakni Masjid Agung Baiturahman Boroko, hanya saja lokasinya saja yang digeser sedikit ke arah utara.

“Masjid ini memiliki daya tampung hingga 3000 jamaah, itupun baru di dalam ruangan. Sedangkan berdasarkan perencanaan, diluar masjid akan dibuat pelataran yang bisa menampung jamaah jika kondisi didalam ruangan sudah penuh. Adapun tahun ini adalah pengerjaan tahap pertama dengan pagu anggaran sebesar Rp 4.386.475.000, yang nantinya akan dilanjutkan pada pengerjaan tahap kedua di tahun 2018.” ujarnya

Dia pun menambahkan, progres (perkembangan, red) proyek ini sudah mencapai 30% dan pihak ketiganya dari CV Lima Saudara Mustika.

Penulis : Jufri Makalungsenge

Komentar Facebook

komentar

About The Author

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *