Banner Bawah Utama

Dicanangkan Oleh Bupati Bolmong Jadi Desa Santri, Ini Tanggapan Masyarakat

Dicanangkan Oleh Bupati Bolmong Jadi Desa Santri, Ini Tanggapan Masyarakat

Bolmong,PilarSulut.com – Desa Lolanan, yang terletak di Kecamatan Sangtombolang, Kabupaten Bolaang Mongondow, menjadi satu satunya desa dari 200 desa di Bolmong yang dicanangkan oleh Bupati Bolmong, Yasti S Mokoagow sebagai desa Santri. Pencanangan desa Santri dilakukan Bupati Bolmong saat memperingati Hari Santri Nasional ke III, dan pertama di Sulawesi Utara (Sulut) yang dipusatkan di desa Lolanan.

Ditetapkannya, desa Lolanan sebagai desa Santri di Kabupaten Bolmong, ditanggapi oleh sejumlah tokoh masyarakat desa Lolanan. Menurut Tokoh pemuda Darmawansa Kolopita, apa yang dilakukan oleh Bupati Bolmong sudah tepat.

“Lolanan bisa dikatakan sangat berbeda dengan desa yang ada di Bolmong ini. Di desa ini terdapat berbagai alumni dari Pondok Pesantren (Ponpes) diantaranya Ponpes Mualimin Lombok Timur, NTB. Ponpes As Salam Manado, Ponpes PKP Manado, Ponpes Hubulo Gorontalo, Ponpes Al Hairat Palu, Universitas Al Jami’a Madina, Universitas Sona’a Yaman, serta Mahad Albirr Makassar,”kata Kolopita.

“Sehingga sangat tepat jika desa Lolanan di canangkan sebagai desa Santri, bukan hanya itu saja, di desa ini ragam ilmu bisa ditemukan, dan hal ini tidak ada di desa lain di Kabupaten Bolmong,”sambung Kolopita.

Hal yang sama juga di katakan Tokoh masyarakat, Muslimin Gonibala. Menurutnya kondisi desa yang kental dengan nilai nilai religious sudah sejak lama “Desa ini yang paling banyak menghasil Santri, bahkan diantaranya ada yang sampai ke luar Negeri. Ditambah lagi sudah ada Ponpes, tentunya ini menjadi berkah bagi desa ini,”ujar Gonibala yang pernah menjabat Kepala desa sekitar 30 tahun.

Sementara itu, Kepala desa Lolanan, Yusna Pakaya mengucapkan terima kasih pada Bupati Bolmong, sudah mencanangkan desa Lolanan sebagai desa Santri “Kami menyambut baik langkah Bupati, kami sebagai pemerintah desa siap menjalankan apa yang sudah dilakukan oleh Bupati Bolmong,”ucapnya.

 

Penulis : Abdi F Sutomo

Komentar Facebook

komentar

About The Author

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *