Banner Bawah Utama

Yasti : Penyerahan Aset Menguntungkan 2 Daerah

Yasti : Penyerahan Aset Menguntungkan 2 Daerah

Bolmong,PilarSulut.com – Dua top eksekutif, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Induk, dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan mengelar pertemuan, guna menyelesaikan permasalah pengelolaan Aset yang sebagaian masih dimiliki Kabupaten Induk. Pertemuan yang dilangsungkan di ruang Rapat Setda Kabupaten Bolmong ini, turut dihadiri Wakil Bupati Bolsel, Sekda Bolmong, serta Jajaran Pimpinan SKPD 2 Daerah, Selasa (15/8).

Bupati Bolmong, Yasti S Mokoagow dalam sambutannya menyampaikan, penyerahan asset ini sesuai dengan perintah Undang Undang, dalam rangka mendukung Pemerintah otonomi baru, sekaligus mendukung system Pemerintahan agar lebih tertib, lancer, jelas dan teratur “Penyerahan asset ini tidaklah mudah, butuh waktu yang panjang, sehingga harus dilakukan secara bertahap, dan hari ini adalah penyerahan asset untuk tahap ke tiga,”ucap Yasti.

Lebih lanjut, Yasti mengungkapkan pengelolaan asset yang dilakukan Kabupaten Induk tidak semudah yang kita fikirkan “Ada asset yang memiliki dokumen, namun secara fisik tidak ada. Begitu juga sebaliknya, fisiknya ada, tapi dokumennya tidak ada. Nah, hal semacam inilah yang sangat berpengaruh pada pemberian opini oleh BPK RI. Sehingga melalui penyerahan asset har ini, ada suatu proses yang saling menguntungkan, antara Kabupaten Bolmong, dan Bolsel,”ungkap Yasti.

Diakhir sambutannya, Yasti berharap melalui penyerahan asset ini, bisa terbangun sinergitaas dan Komitmen antara kedua Daerah.

Sementara itu, Bupati Bolaang Mongondow Selatan, Herson Mayulu mengakui, akibat persoalan asset ini, dua kali Daerahnya mendapatkan opini Disclaimer “Kami dua kali dapat Disclaimer akibat asset, begitu juga dengan Bolmong. Namun alhamdulilah, kita tidak seperti Daerah lain, sampai bertikai hanya karena persoalan asset dan tapal batas,”aku Mayulu.

Sekedar informasih, penyerahan asset yang dilakukannPemkab Bolmong ke Pemkab Bolsel berjumlah Rp 7,9 Miliar, yang terdiri dari asset tanah Rp 714 juta, asset peralatan mesin Rp 223 juta, asset gedung Rp 463 juta, asset jalan, irigasi dan jaringan Rp 6,5 Miliar. Adapun sisa asset yang belum diserahkan Pemkab Bolmong ke Pemkab Bolsel Rp 37,7 Miliar. Sedangkan untuk total asset yang sudah diserahkan sejak tahun 2015 mencapai Rp 22,3 Miliar.

Penulis : Abdi F Sutomo

 

Komentar Facebook

komentar

About The Author

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *